Basarah: Pancasila Harus Dijadikan Pedoman Hidup Berbangsa dan Bernegara

  • Whatsapp
Ketua Badan Sosialisasi MPR RI Ahmad Basarah, saat d wawancara awak media

MANADO,MANADNEWS – Pancasila sebagai ideologi dibentuk atas dasar kesepakatan para pendiri bangsa. “Kesepakatan itu tercapai karena Pancasila diyakini dapat pengantar Indonesia untuk mencapai kemakmuran, adil, dan sejahtera,” ungkap Ketua Badan Sosialisasi DR. Ahmad Basarah, MH, pada acara Sosialisasi Empat Pilar di Graha Gubernuran Bumber Manado, Kamis (12/1/2017).

Untuk mengetahui fungsi dari Pancasila sebagai ideologi bangsa, menurut Basarah, pertama-tama kita yakin dulu. Setelah yakin baru kita pelajari apa itu Pancasila.

“Pancasila itu tidak hanya dihapal, tapi dijadikan pedoman hidup berbangsa dan bernegara,” ungkap Basarah.

Oleh karena itu, menurut politisi PDI Perjuangan ini, MPR yang sekarang satu-satunya lembaga negara yang mendapat amanah menyosialisasi Empat Pilar tidak ingin menafsirkan Pancasila.  Tapi, “Kita kembalikan kepada sejarah terbentuknya Pancasila,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Sulut Olly Dondokambey, yang hadir dan membuka acara sosialisasi ini juga meminta para ASN lingkup Pemprov Sulut menyampaikan apa yang diperoleh ini diteruskan pada masyarakat. “Kalau implementasi nilai-nilai Empat Pilar ini sampai di tingkat bawah, negara kita aman dan tenteram,” kata Olly.

Baca Juga:  Mokoginta Buka Sosalisasi E-Katalog LKPP

Turut hadir, Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Steven Kandouw, Sekprov Edwin Silangen serta para pejabat eselon II,III serta IV lingkup Pemprov Sulut.

(RK)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *