DPD Kocok Ulang Pimpinan Bulan Maret

Benny Rhamdani bersama Bupati Talaud Sri Wahyumi Manalip/Foto: manadonews/ET
Benny Rhamdani bersama Bupati Talaud Sri Wahyumi Manalip/Foto: manadonews/ET

JAKARTA, MANADONEWS –  DPD RI akan melakukan kocok ulang pimpinanya, sesuai tatib No.1 tahun 2016.

“Pemilihan pimpinan DPD bulan Maret sesuai ketentaun yang berlaku dan sudah di praktekkan pada pemilihan ketua DPD RI M Saleh,” kata Anggota DPD RI asal Sulut Benny Ramdhany Di Jakarta Selasa(17/1)
Menurutnya calon pimpinan nantinya harus eletabilitas tinggi, mempunyai visi dan jaringan yang luas untuk penguatan lembaga DPD RI.
“Calon ketua punyà eletabilitas dan jaringan yang kuat untuk penguatan DPD RI,” tukasnya.
Tidak kalah pentingnya, lanjutnya, yakni jaringannya dengan pimpinan Parpol yang ada di DPR.
“Penguatan lembaga ini tidak lepas dari good will dan politic will dari parpol yang ada di DPR. Tanpa itu,  maka  sulit untuk penguatan DPD. Namun tentunua kewenangannya tidak sekuat DPR. “minimal ke depan ada penguatan karna lembaga ini di amanatkan reformasi.  Kalau ke depan tidak ada penguatan maka publik akan menilai Keberadaan DPD mubajir,” paparnya.
Dalam pemilihan nanti tidak ada lagi perdebatan masa tugas pimpinan DPD.
“Tidak ada perdebatan jabatan pimpinan DPD itu 5 atau 2,5 tahun karna sesuai Tatib No.1 tahun 2016 sudah jelas masa jabatan pimpinan DPD yakni 2,5 tahun,” katanya sambil menyebut tehnisnya masih di bahas Pansus.
“Apakah seperti pemilihan ketua DPD M. Saleh kemarin yakni melalui suara 132 anggota atau masing masing wilayah,” ungkapnya.
Hanya saja mayoritas aggota DPD menghendaki semua suara yang melakukan pemilihan. karna pimpinan DPD bukan mewakili lagi wilayah, tambahnya.
“Kan  nanti memimpin lembaga. Dimana anggotanya 132 dari seluruh wilayah. Jika tidak maka mendeletimasi pimpinan posisi penting tersebut,” ulasnya seraya menambahkan  pimpinan DPD dipilih oleh seluruh anggotanya maka legitimasinya makin kuat.(Djamzal)

Baca Juga:  Minta Doa Restu, Komjen Listyo Sigit Silaturahmi ke Para Mantan Kapolri

Pos terkait