Ribuan Tenaga Honorer Bakal di Rumahkan

MANADO,MANADONEWS- Sebanyak ribuan tenaga honorer yang bekerja dibawah Pemerintah Kota bakal dirumahkan. Data yang diperoleh, sebagian besar dari mereka ini sudah tidak produktif lagi. Dimana dalam setiap SKPD jumlah mereka mencapai ratusan orang yang nota bene ikut memberatkan pundi pundi APBD Kota Manado. Bukan cuma itu saja, bamyaknya tenaga honorer itu membuat Walikota GS Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan pusing tujuh keliling memikirkan nasib mereka tersebut.

“Kedepan ini seluruh tenaga honorer akan ditest ulang alias diseleksi kembali mana mana yang pantas.untuk ditempatkan di SKPD sesuai dengan disiplin ilmu,” ucap Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan.

Selain itu kata MDB, sebutan akrabnya, seleksi kembali teenage honorer sangatlah penting,agar kami bisa mengetahui kemampuan mereka untuk ditempatkan dimasing masing SKPD.Apalagi saat ini pemerintah kota sedang getol getolnya mengenjot Kota Cerdas (smart city) yang multipleyer efeknya pada peningkatan ekonomi dan SDM masyarakat.

“Yang akan kami rekrut nantinya adalah mereka yang benar benar menguasai ilmu pengetahuan dan tehknologi (Iptek) bukan manusia purba yang ketinggalan jaman,”pungkas MDB.

Baca Juga:  James Sumendap for Manado: Kader Militan hingga Pengamat Sepakat

Sementara itu Kepala Sat Pol PP Xaverius Runtuwene, membenarkan bahwa masih banyak tenaga honorer yang bekerja semua SKPD. “Pa torang saja sedikitnya ada 80 tenaga Honorer yang belum diangkat sebagai ASN,”tandasnya.

Pantauan wartawan media ini, paling banyak tenaga honorer ada di BP2T dan Dispenda yang sebagain besar kinerjanya belum makismal alias banyak bacerita kerimban bekerja.

 

(ONAL GAMPU)