Hujan Semalaman Bencana Banjir dan Tanah Longsor Landa Kota Manado

  • Whatsapp
Banjir di sejumlah titik Kota Manado/Foto: manadonews/Wulan
Banjir di sejumlah titik Kota Manado/Foto: manadonews/Wulan

MANADO, MANADONEWS– Hujan yang mengguyur Kota Manado sejak Rabu (25/01) malam, hingga Kamis (26/01) hari ini telah mengakibatkan bencana banjir, pohon tumbang dan tanah longosr di beberapa wilayah ibukota Provinsi Sulut itu.

Tanah longosr di kelurahan Dendengan Luar menimpa rumah salah satu rumah warga dibagian dapur/Foto: manadonews/Wulan

Adapun beberapa lokasi yang terkena bencana alam akibat intensitas curah hujan yang tinggi sejak hari Rabu pukul 15.00 wita sampai saat ini 2 Kelurahan terjadi Tanah Longsor dan 6 Kelurahan terendam banjir. 6

Bacaan Lainnya
Anggota Polsek singkil bantu warga mengungsikan barang dan perabitan rumah tangga/Foto:manadonews/Wulan

Kelurahan yang terendam banjir tersebut ialah: 1. Kelurahan Tuminting lingk VI meluapnya sungai simponi 2. Kelurahan Bailang lingkungan III,IV,V air setinggi 50 cm 3. Kelurahan Mahawu lingk III, IV air setinggi 150 cm 4. Kelurahan Ternate Tanjung Lingkungan  III air setinggi 150 cm 5. Kelurahan Malendeng lingkungan VIII air setinggi 50 cm 6. Kelurahan Komo Luar lingkungan I,II,III air setinggi 50 cm

Sedangkan lokasi Tanah Longsor 1. Kelurahan Singkil 2 lingkungan 2. Longsor menimpa kamar keluarga Parianto dengan kerugian sekitar Rp.5.000.000

2. Kelurahan Dendengan Luar lingkungan 1 longsor menimpa dapur Keluarga Sangka – Talib dengan kerugian sekitar Rp 2.000.000 3.

Sementara di jalan Bengawan Solo Kelurahan Singkil 2 lingkungan I satu buah tiang listrik roboh dan menutupi seluruh badan jalan namun saat ini sudah ditangani tim terpadu sehingga akses jalan sudah dapat digunakan.

Pihak pemerintah pun mengimbau agar masyarakat yang berada di lokasi rawan bencana untuk segera mengungsi dan mencari tempat yang aman. Menyusul, hujan masih terus mengguyur Kota Manado.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Manado pun kini telah melakukan langkah dengan memberikan bantuan makanan siap saji kepada para masyarakat yang terkena banjir, serta membersihkan wilayah yang tergenang.

Sementara itu, masyarakat dibantu aparat kepolisian melakukan evakuasi barang-barang warga yang masih bisa diselamatkan.

BMKG stasiun meteorology Sam Ratulangi Manado telah mengeluarkan peringatan dini cuaca ekxtrim. Dimana, hingga Kamis, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin lebat masih akan terjadi di wilayah Manado, Bitung, Tondano, Minut, Minsel, Mitra, Bolmong, hingga Kepulawan Sangihe, Sitaro dan Talaud. (wulan)

Baca Juga:  Olly Dondokambey Demonstrasikan Kehebatannya Dalam Memasak

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *