Watung : Pengadaan Barang dan Jasa Harus Transparan

  • Whatsapp
Jalannya kegiatan sosialisasi/Foto: manadonews/Steven
Jalannya kegiatan sosialisasi/Foto: manadonews/Steven

LOLAK MANADONEWS,-. Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow ( Bolmong ) mengadakan Sosialisasi Tata Cara Pengadaan Langsung dan Uraian Persyaratan Dokumen Administrasi Teknis untuk pengajuan lelang dari SKPD Ke Bagian Layanan Pengadaan diruang rapat Asisten Administrasi Umum kamis ( 9/1 ).

Bupati dalam sambutan yang dibacakan oleh Sonda Simbala selaku Asisten Adminitrasi Perekonomian, Pembangunan dan Kesra,menyampaikan bahwa dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektivitas penggunaan keuangan negara yang dibelanjakan melalui proses pengadaan barang dan jasa pemerintah,diperlukan upaya untuk menciptakan keterbukaan,transparansi, akuntabilitas,serta prinsip kompetensi yang sehat.

Dalam proses pengadaan barang dan jasa pemerintah yang dibiayai dari APBN maupun APBD,maka barang dan jasa yang diperolah harus berkualitas dan dapat dipertanggungjawabkan baik dari segi fisik,keuangan, maupun manfaatnya demi kelancaran pelaksanaan tugas2 pemerintahan dalam melayani masyarakat.

Untuk menyelenggarakan pengadaan barang dan jasa pemerintah yang lebih efisien, terbuka dan kompetitif,pemerintah telah menetapkan peraturan presiden nomor 4 tahun 2015,tentang perubahan keempat atas peraturan presiden nomor 54 tahun 2010,tentang pengadaan barang dan jasa pemerintah,dan menjadi dasar peraturan efektif bagi semua pihak yang terkait dengan pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Baca Juga:  Seperti Ini Maksud Pahlawan Masa Kini Menurut Mensos

Proses pengadaan tersebut bukannya tanpa hambatan,salah satu faktor penyebab adalah kurangnya pengetahuan dan kemampuan untuk memanfaatkan teknologi informasi dan transaksi elektronik, sehingga ikut berpengaruh pada peningkatan profesionalisme, kemandirian dan tanggungjawab para pihak dalam perencanaan dan proses pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Oleh karena itu,dengan dilaksanakannya sosialisasi pada hari ini, para peserta diharapkan dapat memahami serta melaksanakan peraturan yang terkait dengan pengadaan barang dan jasa pemerintah, sehingga dalam penerapannya tidak ditemukan lagi kesalahan sekecil apapun termasuk kesalahan administratif.

Sehingga semua kegiatan yang berhubungan dengan pengadaan barang dan jasa di lingkungan pemerintah Kabupaten Bolmong dapat berjalan dengan aman lancar dan tertib.Selain itu, seluruh peserta diharapkan mempunyai kesamaan pandangan dalam proses pengadaan yang sesuai dengan metode tata cara pengadaan langsung, sehingga akan terwujud pengadaan barang dan jasa yang lebih efisien, efektif, transparan, dan akuntabel.

Hadir dalam sosialisasi para Kepala Perangkat Daerah selaku Pengguna Anggaran dan Kuasa Pengguna Anggaran,serta pihak terkait lainnya.
( steven rapar )

Baca Juga:  Wawali : Kehadiran 5 Unit Bus BRT Tidak Mengganggu Bentor

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *