Rakor Penyusunan RKPD, Pemkot Tomohon Gunakan Aplikasi e-Proposal

  • Whatsapp
Rakor penyusunan RKPD Pemkot Tomohon tahun 2018.
Rakor penyusunan RKPD Pemkot Tomohon tahun 2018.

TOMOHON, MANADONEWS – Dalam rapat koordinasi penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Tomohon Tahun 2018 yang digelar di aula kantor Wali Kota Tomohon, kamis (16/2), Badan Perencanaan Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bapelitbangda) Kota Tomohon memperkenalkan penggunaan aplikasi e-Proposal dalam proses penyusunan.

Hal ini dimaksudkan guna mendukung rencana KPK RI yang akan menjadikan Tomohon sebagai daerah percontohan di Sulawesi Utara, bahkan di wilayah timur Indonesia, dalam hal pemanfaatan IT untuk mendukung pelaksanaan program pemerintah. Dalam maksud tersebut, Pemkot Tomohon menggunakan aplikasi yang telah dibuat oleh para tenaga IT yang berasal dari pemerintah kota Tomohon sendiri, sambil berkoordinasi dengan pihak KPK RI.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak, saat membuka kegiatan mengatakan bahwa sebagai dokumen resmi pemerintah daerah, RKPD mempunyai kedudukan yang strategis, yaitu menjembatani perencanaan strategis jangka menengah dengan perencanaan dan penganggaran tahunan.

Baca Juga:  Peduli Bencana Sangihe, Wawali Tomohon Galang Dana bersama KNPI

“Penggunaan aplikasi e-Proposal ini agar proses penyusunan RKPD Kota Tomohon dapat dilakukan secara sistematis, serta terarah, terpadu, dan tanggap, terhadap berbagai perubahan dalam penyusunannya,” tandas Eman.

Dijelaskannya, proses penyusunan RKPD dilaksanakan melalui mekanisme atau tahapan yang diawali dari e-musrenbang tingkat kelurahan, kecamatan, forum perangkat daerah, dan tingkat kota, dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan pembangunan yang memenuhi tiga prinsip, yakni prinsip partisipatif, kesinambungan, dan prinsip keseluruhan.

“Mudah-mudahan program yang akan dirumuskan bersama ini, dapat diterjemahkan dalam RKPD Tahun 2018 sehingga harapan masyarakat guna mendorong percepatan pembangunan di Kota Tomohon akan benar-benar terwujud,” tukas Eman.

Ditambahkannya, pelaksanaan program pemkot Tomohon yang menitikberatkan pada pamanfaatan IT saat ini memang masih diperhadapkan dengan kendala dimana ada daerah “blank spot.” Kendati demikian, pada tahun 2017 ini kendala tersebut akan diupayakan untuk diatasi melalui pengembangan jaringan, berupa pendirian beberapa tower yang telah direncanakan oleh Dinas Kominfo Kota Tomohon.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Tomohon bersama Wakil Wali Kota Syerly Adelyn Sompotan, didampingi Sekretaris Kota Ir Harold Lolowang, Asisten perekonomian Ronni Lumowa SSos MSi, Asisten Kesra Dra Truusje Kaunang, dan Kepala Bapelitbangda Ir Ervinz Liuw MSi, menyerahkan user ID dan password e-proposal kepada perwakilan kepala perangkat daerah.

Baca Juga:  Support Penuh TIFF 2016, Pemkot Tomohon Serahkan Piagam ke Kemenpar

Selanjutnya, Kepala Bapelitbangda menjelaskan bahwa e-proposal merupakan sistem aplikasi perencanaan berbasis web yang menampung usulan program kegiatan oleh perangkat daerah (PD), organisasi non PD, termasuk hasil reses DPRD.

“Aplikasi e-Proposal berfungsi untuk menjaga konsistensi perencanaan, mencegah program kegiatan DDS (dadakan, sisipan, dan siluman), usulan program kegiatan terdokumentasi secara elektronik, mencegah korupsi, serta memudahkan evaluasi,” jelas Liuw.

Hadir dalam rapat ini, para kepala SKPD bersama perwakilan staf, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

Fransiscus

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *