Ramlan Gantikan Supit di DPRD Bitung

  • Whatsapp

 

 

 

BITUNG, MN –  Ramlan Ifran akhirnya resmi menggantikan Antonius Supit sebagai anggota DPRD Bitung dari Partai Nasdem untuk masa jabatan 2017-2019.

Pemberhentian Antonius Supit dan pengangkatan Ramlan Ifran dipimpin Wakil Ketua DPRD, Jerry Lengkong didampingi wakil ketua Julita Takalamingan, berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Sulawesi Utara nomor 423 tanggal 30 Desember 2016. Ketua DPRD Bitung Laurensius J Supit yang juga adik dari Antonius Supit tidak hadir karena berhalangan.

Pergantian antar waktu ini diduga kuat terjadi setelah adanya ‘masalah’  internal Antonius dengan partainya serta fraksi di DPRD Bitung, sejak Pilwako Bitung 2015 lalu.

Namun Ketua fraksi Partai Nasdem DPRD Bitung, Alexander V Wenas kepada Manado News.co.id sebelum pelantikan,  mengaku pergantian Antonius Supit merupakan keputusan partai. “Ini adalah perintah partai. Saya sendiri bisa saja di-PAW”, kata Wenas yang akrab dipanggil Nyong.

Wenas tidak secara terang-terangan mengakui ada riak-riak yang menyebabkan Antonius Supit yang akrab disapa ko Hen diusulkan untuk diganti.

Dia hanya sependapat masalah tersebut biarlah berlalu. “Saya berusaha tetap menjalin hubungan baik dengan pak Hen”, ujarnya singkat.
Hen Supit sendiri mengatakan legowo mundur dari DPRD setelah mempertimbangkan dengan matang.  “Saya tidak ingin saling menyalahkan dan berselisih paham. Saya  memang sempat marah karena ada yang berusaha memPAW saya tidak sesuai  prosedur.  Bagi saya ternyata tidak ada kawan abadi di politik tetapi hanya ada kepentingan. Saya rela mundur.”, papar Hen Supit dalam surat pengunduran diri yang dibacakan Sekretaris DPRD Bitung, Olga Makarauw dalam acara pelantikan.

Baca Juga:  Rakor Evaluasi KPU Provinsi, Sabar Presentasikan Kinerja KPUD Kotamobagu

Ramlan Ifran memberi apresiasi tersendiri terhadap Antonius Supit, yang mau menerima keputusan partai. “Dia legowo,  saya anggap dia seorang ksatria. Saya harus belajar ketokohan beliau”, kata Ramlan.

Pelantikan Ramlan disaksikan Walikota Bitung, Maximiliaan Lomban dan Wakil Walikota, Maurits Mantiri serta sejumlah anggota Forkopimda. Selain itu hadir pengurus DPP Partai Nasdem, Elman Saragih, Virgie Baker dan Herman Assa.

Sebagai anggota baru DPRD Bitung, Ramlan mengaku perlu penyesuaian diri. Namun ia berjanji tak akan melupakan aspirasi rakyat. “Harapannya ke depan saya bisa menyesuaikan dan bisa bekerja untuk aspirasi rakyat. Kita juga tetap akan menjalankan kebijakan partai yang sejalan dengan kepentingan rakyat”, ujarnya.

Ramlan Ifran akan menjadi anggota DPRD selama 30 bulan hingga Agustus 2019, karena sebelumnya Antonius Supit sudah menjabat sejak Agustus 2014.

Walikota Bitung Max Lomban berharap kehadiran Ramlan Ifran dapat berkoloborasi membangun kota Bitung. “Selamat bergabung. Kita akan berkoloborasi antara eksekutif dan legislatif dalam memperjuangkan kepentingan masyarakat”, ujar Lomban.

Walikota Bitung juga meminta agar Ramlan yang dikenal sebagai salahsatu pengusaha sukses di kota Bitung, dapat memilah perannya sebagai pengusaha dan sebagai wakil rakyat. “Dari dunia pengusaha, sekarang sudah di dunia legislatif. Mudah-mudahan bapak dapat membedakan kepentingan di dunia usaha dan di legislatif”, kata Walikota.(Jeff)

Baca Juga:  Bupati ROR dan Ibu Ibadah Subuh di GMIM Bumorik

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *