Sangadi Terima Perbup Untuk Pengelolaan Dandes

  • Whatsapp

 

 

BOLMONG,MANADONEWS,-.Untuk mengantisipasi penyelewengan Dana Desa ( Dandes ) tahun 2017,Pemkab Bolaang Mongondow ( Bolmong ) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ( PMD ),melakukan Sosialisasi sekaligus penyerahan Peraturan Bupati ( Perbub ) kepada 200 sangadi se-Bolmong untuk Pengelolaan Dandes di ruang aspirasi DPRD Bolmong senin ( 8/5 ).

Kepala Dinas ( Kadis ) PMD Bolmong,Albert Tangkere mengatakan,dalam penyusunan Dandes harus mengacu pada Peraturan Menteri Desa ( Permendes ) dan Peraturan Bupati ( Perbup ).

” Peruntukan Dandes juga bisa diatur untuk menjadi pemasukan didesa.Dalam pengelolaannya tidak ada pungli,apalagi memperlihatkan amplop pada saya saat turun ke desa-desa.Jangan melayani staf saya jika tidak ada surat tugas ” ujar Tangkere.

Dirinya menambahkan,pengelolaan Dandes tahun ini agar tidak ada kesalahan yang terjadi.Hal ini disebabkan pengelolaan Dandes tahun 2016 banyak terjadi penyelewengan anggaran yang mencapai 221 juta.

” Saya akan mengayomi sangadi agar tidak berurusan dengan pihak berwajib dalam mengelola Dandes,tetapi harus mengelola anggaran tersebut dengan peruntukan yang sudah diatur ” tegas Tangkere.

Sementara itu,Kadis tak menampik jika ada beberapa desa di Kabupaten Bolmong yang sudah tidak akur dalam menjalankan roda pemerintahan.

Baca Juga:  Amazing, Program Bedah Rumah di Bolmong Kembali Hadir Ditahun 2019

” Memang benar,ada sekitar 22 desa yang sudah mulai tidak akur dalam menjalankan roda pemerintahan.Disebabkan antara Sangadi,Sekdes,dan ketua BPD muncul perbedaan dan sudah mulai nampak tidak ada keharmonisan “jelasnya.

Tangkere berharap,agar semua pimpinan didesa untuk selalu melakukan koordinasi yang baik,sehingga Dandes diolah dengan sebaiknya-baiknya demi menjadikan Kabupaten Bolmong Hebat kedepan dengan moto membangun dari desa.

” Berkembangnya suatu kabupaten dan kota tergantung dari pertumbuhan dan perkembangan tingkat perekonomian masyarakat yang ada di pedesaan.Untuk itu mari kita jaga kebersamaan maupun selalu membantu setiap program pembangunan yang dicanangkan Pemkab Bolmong ” tutupnya
( steven rapar )

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *