Bentelu Sebut Dua Skenario Atasi Problematika Nelayan Kepulauan

oleh
Ivon Bentelu/
Ivon Bentelu/

MANADO, MANADONEWS – Eksistensi nelayan sebagai mata pencaharian masyarakat kepulauan yang kerap diperhadapkan dengan situasi problematis menjadi perhatian serius personil DPRD Sulut Ivon Bentelu.

Srikandi PDI Perjuangan itu merasa sangat urgensif bagi pemerintah daerah untuk melakukan terobosan guna menjaga dan mengawal kepentingan masyarakat nelayan di kepulauan.

“Visi dan misi kepala daerah untuk menjadikan daerah kepulauan sebagai daerah bahari yang maju perlu diimplementasikan melalui program – program dalam APBD yang berpihak kepada masyarakat nelayan,” tukas Bentelu dalam Rapat Koordinasi(Rakor) Komisi 2 dengan mitra kerja Dinas Kelautan dan Perikanan

Adanya masa nelayan mengalami overstock, juga menjadi fokus legislator Dapil Nusa Utara ini.

Dikatakannya, pemerintah perlu membuat inovasi guna mengatasi produksi yang melimpah, namun diperhadapkan dengan keterbatasan fasilitas.

“Kepulauan memiliki keterbatasan sumber daya listrik untuk coldstrorage, juga ketidakhadiran kapal penampung karena besarnya biaya operasional,” ujarnya.

Mengatasi hal tersebut, lanjut Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Sulut ini, bisa dilakukan pengadaan kontainer pendingin yang bisa menampung hasil tangkapan nelayan.

“Nantinya ikan bisa dijual ke pasar antar pulau,” tandasnya.

Fik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *