Pembangunan Bendungan Lolak Ikut di Bahas Saat Olly Temui Kepala Bappenas

 

 

MANADONEWS,-.Dalam rangka percepatan realisasi program prioritas dan proyek strategis nasional di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut),Gubernur Olly Dondokambey,SE bersama Sekretaris Provinsi (Sekprov) Edwin Silangen,Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw,Kepala Bappeda Ricky Toemandoek, Kaban BPKAD Praseno Hadi dan Staf Khusus Bidang Perekonomian Lucky Rumopa mengadakan pertemuan dengan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI, Bambang Brodjonegoro yang bertempat di Kementerian PPN/ Bappenas jakarta Rabu (25/7).

Dalam pembicaraan dengan kepala Bappenas semua program,baik program di provinsi dan pusat harus segera dituntaskan sebelum tahun 2019. Baik enam proyek pemerintah pusat yang harus tuntas sebelum tahun 2019, maupun tujuh program prioritas yang diusulkan ke pemerintah pusat untuk segera diselesaikan tahun 2018.

Menurur Gubernur instruksi dari Presiden yang lalu harus segera ditindaklanjuti setiap pemerintah kabupaten/kota.

” Fokus pembangunan yang mengarah pada pengurangan kemiskinan dan penurunan disparitas wilayah menjadi agenda penting dalam mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Sulawesi Utara “ujar Olly.

Program prioritas tersebut, lanjut Olly Dondokambey, harus dilakukan melalui perencanaan menyeluruh, terintegrasi serta adanya perubahan pola penganggaran dengan pendekatan money followprogram.Hal ini diharapkan dapat meningkatkan pencapaian target sasaran prioritas pembangunan,yang pada akhirnya mampu memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat.

Baca Juga:  Walikota Kotamobagu Terima Piagam Penghargaan K3 dari Gubernur

” Untuk itu perlu adanya sinergitas. Tentunya, dukungan dan partisipasi dari semua pihak sangat diperlukan,mulai dari proses perencanaan pembangunan hingga pelaksanaannya. Dengan begitu, pembangunan di Sulut pun diharapkan dapat meningkat “tandas Olly Dondokambey.

Untuk diketahui tujuh program prioritas itu adalah
1. Pembangunan Bandara Sam Ratulangi.
2. Pembangunan jalur kereta api Manado Bitung.
3.Pengembangan kawasan pariwisata likupang.
4.Pembangunan Trem dalam kota manado.
5.Manado Quter Ring Road III Winangun-Malalayang.
6.Pembangunan TPA Regional di Minahasa Utara.
7. Pembangunan Bendungan Sawangan di Minahasa Utara.

Serta enam (6 ) Proyek Strategis,yaitu :
1. Bendungan Lolak di Bolmong.
2. Bendungan Kuwil di Minut.
3.Jalan Tol Manado -Bitung.
4. International Hub Port di Bitung.
5. Kawasan Ekinomi Khusus ( KEK ) di Bitung.
6.Jalan Penghubung Gorontalo-Manado.
( tim mn )