Gubernur Olly Dondokambey: Keluarga Penentu Kualitas Bangsa

oleh
John Palandung (paling kiri)
John Palandung (paling kiri)

MANADO, MANADONEWS – Keluarga yang sehat dan sejahtera adalah prasyarat bagi bangsa yang sehat dan sejahtera.

Hal itu disampaikan Gubernur Olly Dondokambey, SE dalam sambutan yang dibacakan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs. John Palandung, M.Si pada rapat kerja kesehatan daerah (Rakerkesda) di Grand Kawanua International City Manado, Jumat (11/8/2017) siang.

“Keluarga adalah penentu kualitas bangsa. Dari keluargalah akan lahir pemimpin-pemimpin bangsa yang handal,” katanya.

Oleh karena penting dan strategisnya peran serta fungsi keluarga tersebut, menurut Gubernur Olly, hal itu mendorong semua pihak untuk mampu mengatur, menjaga, dan memberdayakan potensi besar yang dimiliki keluarga.

“Sehingga berbagai pendekatan dan terobosan kebijakan penting untuk terus dilakukan, salah satunya melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang telah kita canangkan beberapa waktu yang lalu,” ujarnya.

Diketahui, perkembangan kesehatan dunia begitu cepat dewasa melalui SDG’s atau Sustainable Development Goals yang merupakan lanjutan dari Millenium Development Goals yang telah dimulai pada tahun 2016 yang lalu.

Masih dalam sambutan, Olly juga menyinggung Program Indonesia Sehat. Dia memastikan bahwa pemerintah daerah selalu berupaya mewujudkannya.

“Pemprov. Sulut terus bekerja untuk mewujudkan pembangunan kesehatan yang berkualitas serta berdaya saing,” tandasnya.

Lebih jauh, Olly juga mengajak semua pihak untuk menyukseskan Rakerkesda.

“Saya berharap agar mampu dihasilkan berbagai gagasan, masukan dan rumusan strategis yang implementatif, khususnya dalam menjawab tantangan pembangunan pada sektor kesehatan,” imbuhnya.

Hal senada disampaikan Menteri Kesehatan (Menkes) Prof. Nila Moeloek. Dia mengatakan, keberhasilan gerakan masyarakat hidup sehat di Sulut harus dikerjakan bersama oleh semua pihak baik di pusat maupun daerah. Seperti gerakan mengajak masyarakat untuk gemar mengkonsumsi makanan sehat seperti ikan.

“Kita harus mendorong masyarakat makan Ikan karena kandungan proteinnya yang tinggi. Untuk mengotimalkannya, kementerian kesehatan bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan,” katanya.

Selain itu, Moeloek menyinggung pentingnya peranan Puskesmas. Dia berharap nantinya Puskesmas tidak menjadi tempat untuk masyarakat yang sakit saja.

“Dengan gerakan masyarakat hidup sehat, masyarakat datang ke Puskesmas bukan karena sedang sakit. Tetapi justru karena badannya sehat. Artinya masyarakat yang sehat datang ke Puskesmas untuk mengecek kesehatan tubuhnya secara berkala,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan, dr. Deybie Kalalo menyebutkan tujuan pelaksanaan rapat tersebut.

“Ini untuk memperkuat sinergitas pusat dan daerah di dalam bidang kesehatan yaitu gerakan masyarakat hidup sehat Sulawesi Utara,” katanya.

Adapun Rakerkesda turut dihadiri para kepala daerah dan peserta dari dinas kesehatan kabupaten dan kota di Sulut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *