Dongkrak PAD,Pemkab Bolmong Bakal Tambah Pembangunan 3 Pasar

  • Whatsapp

george tanor

 

 

BOLMONG,MANADONEWS,-.Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) melalui Dinas Perdagangan dan Energi Sumber Daya Mineral (Disperindag-ESDM) bakal menambah pembangunan pasar demi meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Kepala Disperindag-ESDM George Tanor mengatakan, penambahan pasar ini untuk menunjang kenaikan PAD yang masih di bawah standar dari yang telah ditentukan.

” Kami akan mengusulkan di APBD-P tahun 2017 untuk pembangunan tiga pasar ini. Untuk total anggaran sebesar Rp 5 Miliar, termasuk juga usulan pasar dadakan “ujar Tanor.

Tanor menambahkan,sampai saat ini baru delapan pasar yang dikelola Pemkab Bolmong. Yakni, pasar Lolak, Inobonto, Poigar, Pusian, Imandi, Ibolian, Mopuya dan Doloduo. Sementara itu pasar yang dikelola Pemerintah Desa yakni, pasar Nanasi, Dumoga, Tanoyan, Kosio, Sangtombolang, Buntalo, Tungoi serta Nonapan. Maka dari itu sejumlah pasar yang dikelola pemerintah ini masih kurang untuk menunjang PAD.

” Pasar desa itu sepenuhnya dikelola Pemdes. Oleh karena itu sangat mempengaruhi PAD. Tahun ini saja untuk Disperindag-ESDM hanya sekitar Rp 100 juta. Tapi tahun depan kami optimis PAD naik hingga Rp 127 juta “ungkap Kadis yang akrab dengan jurnalis ini.

Baca Juga:  Diperingatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Bupati Kamaru Lakukan Penanaman Pohon

Dijelaskan, demi menunjang PAD pihaknya akan segera memperjuangkan pembangunan pasar tertib ukur untuk dikelola Pemkab Bolmong. Hal ini dilakukan guna semua pasar yang ada di bolmong bisa terukur untuk menunjang PAD.

” Gunanya pasar tertib ini, untuk mengukur serta mencegah adanya pedagang yang suka mengganggu. Untuk itu kami segera menata kembali pedagang yang resmi maupun yang tidak resmi “pungkas Tanor.
( stvn )

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *