Peringatan Hari Santri Nasional Tingkat Provinsi Sulut Dipusatkan di Bolmong

oleh

 

foto/ist

 

 

BOLMONG,MANADONEWS,-.Sebagian peserta untuk mengikuti Peringatan Hari Santri tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang jatuh pada Minggu 22 Oktober 2017, yang akan dipusatkan di Pondok Pesantren Al-Luthfi, Desa Lolanan Kecamatan Sangtombolang, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) nampak sudah berbondong-bondong menuju ke lokasi pelaksanaan kegiatan.

Kegiatan yang bertemakan “Wajah Pesantren, Wajah Indonesia ” ini akan digelar di lapangan Maelang, dan rencananya akan dihadiri oleh para Kyai dan Pengasuh Pondok Pesantren se-Sulut, Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, Kepala Kanwil Kemenag Sulut, para Kepala Kemenag se-Bolmong Raya (BMR), Camat dan Sangadi se-Bolmong, Anggota GP Ansor se-Sulut, Majelis Taklim dan Imam Masjid se-Bolmong, Umat Islam se-Kecamatan Sangtombolang, para Kepala Sekolah dan Siswa SD, SMP, SMA sederajat se-Kecamatan Sang Tombolang.

Menurut Ari Paputungan selaku penanggungjawab kegiatan, ada berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan, diantaranya upacara akbar serta kirab santri sebanyak 2.500 orang.

“ Upacara bendera pagi hari kemudian dilanjutkan kirab santri yang mengambil rute dari lapangan Maelang menuju Pondok Pesantren Al-luthfi Lolanan dengan jarak tempuh sekitar 800 meter “ungkap Ari.

Ari menambahkan, setelah kirab santri akan dilanjutkan dengan tablig akbar atau zikir dan tausiah di lapangan Pondok Pesantren Al-Luthfi Lolanan, pengukuhan gerakan tahfidzul Qur’an umat Islam di bumi nyiur melambai, serta pencanangan desa santri.

“ Namun sebelumnya, pada sabtu (21/10) malam akan dilaksanakan zikir santri se-Sulut di Pondok Pesantren Al-Lutfi, dilanjutkan dengan pagelaran seni dan budaya oleh santri. Kegiatan ini kerjasama dengan Forum Ukhuwah Antar Pondok Pesantren (FUAPP, red) Provinsi Sulut, Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Sulut, Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor Sulut, Pemerintah Kecamatan dan desa SangTombolang ” jelas Paputungan, yang juga Ketua Yayasan Boraq Pondok Pesantren Al-Luthfi Lolanan ini.

Ari juga mengatakan, kegiatan ini juga didukung oleh tenaga ahli dan pendamping desa Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD), Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Kabupaten Bolmong dan Bolmong Utara.

“ Upacara bendera dan tablig akbar rencananya akan dihadiri oleh para kiyai dan pengasuh pondok pesantren se-Sulut, Bupati Bolmong, Kepala Kanwil Kemenag Sulut, para Kepala Kemenag se-Bolmong Raya (BMR), camat dan Kades se-Bolmong, anggota GP Ansor se-Sulut, majelis taklim dan imam mesjid se-Bolmong, umat Islam se Kecamatan Sang Tombolang, para kepala sekolah dan siswa SD, SMP, SMA sederajat se-Kecamatan Sang Tombolang. Peringatan Hari Santri tahun 2017 ini, mengusung tema wajah pesantren, wajah Indonesia “tutupnya.
( stvn )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *