Cegah Bantuan Salah Sasaran, Pemutakhiran Data Warga Miskin Harus Akurat

  • Whatsapp

AMURANG, MANADONEWS – Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan diminta agar segera memutakhirkan atau memperbaharui data warga miskin yang tersebar di 167 desa dan 10 kelurahann, di 17 kecamatan setempat sehingga data warga miskin akurat. Hal itu untuk mencegah salah arahnya penyaluran berbagai bantuan pemerintah pusat dan daerah belakangan ini.

“Data warga miskin yang ada sekarang harus segera diupdate, agar supaya benar – benar data asli dan layak dipakai sebagai acuan penyaluran bantuan pemerintah pusat maupun daerah yang ada. Karena data sekarang dianggap asal jadi yang pada akhirnya mengakibatkan penyaluran bantuan untuk warga miskin jadi tidak tepat sasaran,” minta Harto Paat, tokoh pemuda Minsel, Rabu, (22/11).

Permintaan itu muncul saat penyaluran bantuan pemerintah disetiap Kantor Pos di Minsel belum lama ini yang banyak didominasi warga mampu atau berada pada kalangan menengah ke atas. Bahkan juga banyak diterima oleh warga pendatang dan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“Kalau hanya mengacu data yang lama, pasti setiap penyaluran bantuan tidak akan tepat sasaran. Warga yang berhak tidak menerima dan yang tidak berhak justru menerima dan menikmati bantuan itu,” tandasnya.

Baca Juga:  Koalisi Penyelamatan Pulau Bangka Kampanyekan Usir PT MMP

Sementara itu, Sekda Minsel Drs Danny H Rindengan MSi menegaskan, penyaluran bantuan kepada warga miskin berdasarkan data yang diberikan Badan Pusat Statistik (BPS). Hanya saja, desakan tersebut akan diperhatikan dengan tindaklanjut koordinasi bersama instansi atau pihak terkait lainnya.

“Data itu kan real. Namun kami akan memperhatikan ini agar supaya benar – benar jelas semuanya dan tidak ada lagi resistensi ditengah masyarakat,” tegas Rindengan.

(DArK)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *