Tim EFQR Lantamal VIII Manado Amankan 130 Ekor Ayam Filiphina Tanpa Dokumen Resmi

 

 

MANADONEWS,-.Guna mengantisipasi perdagangan ilegal didaerah perbatasan Indonesia-Filiphina, pihak TNI terus melakukan patroli. Hal ini terbukti saat pihak Lantamal VIII Manado melalui Tim EFQR (Eastern Fleet Quick Response) berhasil mengamankan sebanyak 130 ekor ayam Filiphina yang akan masuk Manado, Jumat (8/12).

Kejadian ini berawal pada hari Kamis tanggal 7 Desember 2017 sekitar pukul 18.00 Wita. Dimana, tim menerima informasi bahwa kapal penumpang KM. Venecian rute Tahuna-Manado memuat beberapa ekor ayam Filiphina.

Setelah mendapat informasi tersebut, pada Jumat pagi pukul 04.45 Wita saat kapal KM Venecian bersandar pada lambung kanan di dermaga Pelabuhan Penumpang Manado, Tim EFQR Lantamal VIII Manado segera melaksanakan pemeriksaan.

Setelah dilakukan penggeledahan, akhirnya tim berhasil mengamankan 130 ekor ayam Filiphina yang disimpan di Haluan Depan Dek 1 KM. Venecian. Adapun ayam yang diamankan adalah 130 ekor yang dibawa menggunakan 65 box, sedangkan Ayam Filiphina tersebut hanya dilengkapi dengan dokumen karantina dari Tahuna.

Dalam pemeriksaan hasil tangkapan, pihak Danlantamal VIII menyampaikan bahwa akan terus mencegah dan menggagalkan segala upaya tindak pidana dari dan lewat laut, sehingga tercipta suasana kondusif di wilayah Sulut terutama menjelang Natal dan Tahun Baru 2018.

Baca Juga:  Sumendap Jamin Kesehatan Warga Mitra Lewat BPJS Kesehatan Dan Ketenagakerjaan

Dalam penggeledahan tersebut, tampak hadir Wadan Lantamal VIII Kolonel Mar Eddy Setiawan, Asintel Danlantamal VIII, Asops Danlantamal VIII, Dantim Intel dan Kadiskum Lantamal VIII.
( tim mn )