Relawan TRC-PB Bolmong Tahun 2018 Akan Diperbanyak

Kepala BPBD Bolmong, Channy Wayong

 

 

BOLMONG,MANADONEWS,-.Untuk memaksimalkan pelayanan dikala terjadi musibah dan bencana alam, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), pada tahun 2018 mendatang akan menambah personil relawan atau mitra Team Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC-PB).

Kepala BPBD Bolmong, Channy Wayong pada Sabtu (9/12) mengatakan, perekrutan relawan TRC-PB ini, nantinya akan difungsikan menjadi agen kemanusiaan di setiap desa yang ada di Bolmong.

” Mitra atau relawan TRC ini dilatih untuk mengkaji secara cepat tentang cakupan bencana dimasing-masing wilayah, sehingga laporan yang masuk Ke Pusdalops melalui Call Center sudah valid datanya dan akan mempermudah pendistribusian bantuan maupun mobilisasi peralatan sesuai kebutuhan dilapangan “ujar Channy.

Lanjut Channy, untuk meningkatkan sumber daya anggota mitra TRC-PB, pada beberapa waktu lalu pihaknya sudah memberikan pelatihan.

” Tujuan pelatihan, yakni ketika terjadi bencana atau musibah, para anggota mitra TRC sudah memiliki kemampuan dasar untuk penyelamatan dan evakuasi korban,”katanya.

Baca Juga:  Sulit Dibendung, Para Tokoh Pejuang Kota Tomohon Sepakat tentang Caroll - Wenny

Sampai saat ini, pihak BPBD Bolmong baru merekrut mitra TRC yang ada di Kecamatan Sangtombolang.

” Tahun depan kami akan melakukan penambahan. Kalau memungkinkan seluruh wilayah Bolmong. Selain itu juga, kami akan terus menggelar soisalisasi serta pencegahan bencana,” cetus Channy

Dirinya juga menghimbau bagi masyarakat Bolmong, khususnya yang tinggal dilokasi rawan bencana agar selalu waspada dan berhati-hati dengan cuaca saat ini yang sering berubah-ubah.

” Kami selalu memberi penyadaran dan pemahaman ke masyarakat akan kesiapan diri jika bencana terjadi. Ada baiknya juga, warga jangan tinggal di area rawan longsor serta lokasi rawan bencana lainnya. Pemerintah tidak kerja sendiri, butuh partisipasi masyarakat untuk peduli, karena kapan saja bencana bisa terjadi,”tutup Channy.
( stvn )