Jelang Akhir Tahun, Dinas Perikanan Bolmong Tak Penuhi Target Bupati

Kadis Perikanan Bolmong,Syahril Mokoagow (foto/ist)

 

 

BOLMONG,MANADONEWS,-.Gebrakan-gebrakan positif yang terus dilakukan Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wakil Bupati Yanni Ronny Tuuk pasca dilantik untuk menahkodai Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) nampaknya belum bisa diimbangi oleh salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Bolmong. Yakni, pihak Dinas Perikanan.

Diketahui, pada rapat pembahasan terkait Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2017 di ruangan rapat kantor bupati di Lolak, Bulan Mei silam, Bupati Yasti memberi target kepada Dinas Perikanan terkait kepemilikan kartu nelayan kepada semua masyarakat Bolmong yang berprofesi nelayan.

” Saya kasih target, pertengahan bulan juli kartu nelayan yang 5 ribu sudah ada,”ujar Yasti pada rapat tersebut.

Namun, sangat disayangkan target dari Bupati Yasti tersebut belum bisa dipenuhi oleh instansi yang dipimpin oleh Kadis Syahril Mokoagow.

Saat dimintai keterangannya pada bulan Agustus lalu, Syahril beralasan pihaknya menemui beberapa kendala dalam proses pendataan.

“Masalah yang kami temui, yakni gangguan jaringan internet. Sebab pelaporan petugas lapangan langsung lewat handphone. Selain itu, sewaktu petugas lapangan berkunjung kerumah, yang bersangkutan tidak ada “ucap Syahril.

Baca Juga:  Dekot Manado Terima Lawatan Wakil Rakyat Kota Gorontalo

Ditambahkan, sampai pada Bulan Agustus silam baru 2 ribu nelayan yang terdata dan tinggal menunggu terbitnya kartu nelayan.

“Kartu nelayan ini dicetak di provinsi. Disebabkan Kabupaten Bolmong belum memiliki alat cetak. Jika nelayan sudah memiliki kartu nelayan maka mempermudah untuk memperoleh bahan bakar mesin perahu,”tambahnya.

Saat dikonfirmasi pada beberapa hari lalu, Kadis Perikanan menyampaikan alasan yang lain, bahwa hingga memasuki Bulan Desember ini, kartu nelayan untuk Bolmong baru mencapai 2200 kartu.

“Sampai awal bulan Desember ini kartu nelayan baru mencapai 2200 kartu. Pengurusannya adalah adalah wewenang pusat. Untuk asuransi nelayan di Bolmong yang tercover berjumlah 1858, yang mengajukan komplain baru warga Desa Inobonto dengan santunan 200 juta, yang diserahkan oleh Bupati Yasti di Pelabuhan Labuan Uki pada beberapa waktu lalu,”tutup Syahril.
( stvn )