Warga Batumerah Segera Nikmati Hasil Program Pamsimas

Sangadi Desa Batumerah, Yocber Sasundu

 

BOLMONG,MANADONEWS,-.Keseriusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) dibawah kepemimpinan Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wakil Bupati Yanni Ronny Tuuk untuk mensejahterakan masyarakat diberbagai sektor tidak perlu diragukan lagi.

Pada tahun 2017 silam, melalui kerja keras Bupati Yasti, akhirnya Kabupaten Bolmong mendapat bantuan pemerintah pusat lewat Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas).

Salah satu lokasi yang mendapat alokasi anggaran sekitar Rp 350 juta ini, yakni Desa Batumerah, Kecamatan Sangtombolang.

Dikatakan Yocber Sasundu selaku Sangadi desa setempat, bahwa program ini sangat membantu masyarakat desa, karena sejak dahulu, untuk ketersediaan air bersih, masyarakat hanya mengandalkan air sumur.

“Jika air laut pasang, otomatis air sumur berasa asin. Mau tidak mau, kami pun harus menggunakannya untuk MCK bahkan untuk air minum. Mudah-mudahan akhir bulan Januari ini, air bersih sudah mengalir,”ujarnya.

Tambahnya, dengan masuknya program ini, warga sangat terbantu sehingga kesulitan akan sarana air bersih sudah bisa teratasi.

Baca Juga:  Bertemu Mentan, Bupati Talaud Ajukan Permintaan Ini

“Kami sangat terbantu dengan adanya program Pamsimas. Terimakasih buat Ibu Bupati yang sudah mendengar aspirasi bahkan merealisasi kebutuhan kami,”tutupnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) Desa Batu Merah, Rosye Sindua mengatakan, bahwa saat ini program tersebut sementara proses perampungan.

“Kami telah membangun bak dan pipa yang menyalurkan air dari sumbernya. Jaraknya dua kilometer dari pegunungan. Pengerjaan tinggal menunggu bak untuk saringan air,”ungkapnya.

Dijelaskan, nantinya air ini akan mengalir ke 88 rumah warga, sekaligus fasilitas umum lainnya, antara lain sekolah, tempat ibadah, serta toilet umum.

“Kalau untuk pipa-pipa sambungan kerumah warga dan faisilitas umum lainnya sudah tidak ada masalah. Sedangkan untuk pemeliharaan, diupayakan dari iuran para warga desa,” ucapnya.
( stvn )

Pos terkait