Dinkes Sulut Apresiasi Penanganan Kusta di Puskesmas Maelang

Suasana kegiatan pemeriksaan kusta, (foto/jp)

 

BOLMONG,MANADONEWS,-.Kualitas tenaga kesehatan di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), khususnya dalam penanganan dan pencegahan penyakit Kusta dari hari ke hari terus mengalami peningkatan positif.

Demikian dikatakan Wasor Kusta Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Jeane Palit, Rabu (31/1), di Puskesmas Sangtombolang.

“Dalam penanganan penyakit Kusta, kepala Puskesmas dan petugas pengelola program Kusta di Puskesmas Maelang sangat paham terkait langkah-langkah pencegahan maupun tindakan pengobatan bagi pasien dan calon pasien. Ini patut diberi apresiasi,”tuturnya.

 

 

Ditambahkannya pula, bahwa pihak Dinkes Provinsi dalam 3 tahun berturut-turut ini akan melakukan kegiatan intensifikasi penemuan kasus di Kabupaten Endemis Kusta.

“Dinkes provinsi akan melaksanakan kegiatan ini dalam 3 tahun kedepan,”jelasnya.

Jeane berharap, kedepan agar selalu ada dukungan pemerintah daerah, dalam hal ini semua Puskesmas agar bekerjasama dengan pemerintah desa setempat untuk program penanganan penyakit Kusta.

“Setiap kami melaksanakan program selalu bekerjasama dengan lintas sektor, diantaranya pemerintah desa dan kelompok potensial desa lainnya. Untuk Kabupaten Bolmong, kami mengajak Puskesmas Sangtombolang,”ucapnya.

Baca Juga:  Tips Aman dan Himbauan Sebelum Mudik Lebaran

Lanjutnya, jumlah yang diberi penyuluhan dan diperiksa 228 , jumlah kasus yang ditemukan 12, sedangkan untuk anak sekolah 3 orang.

“Itu yang kami dapati di Puskesmas Sangtombolang. Tujuannya untuk membuat provinsi Sulut bebas Kusta, yang cocok dengan tema hari kusta sedunia tahun 2018, yakni ‘Perkuat Komitmen Politik dalam Penanggulangan Kusta dan Penghapusan Stigma,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinkes Bolmong, Dr Sahara Albugis mengatakan, kunjungan pihak Dinkes Provinsi Sulut ke Bolmong untuk menggelar pemeriksaan kesehatan terkait penyakit Kusta.

“Kami bekerja sama dengan dinas provinsi Sulut untuk pengecekan penyakit Kusta. Ini merupakan program rutin Dinkes Bolmong,”singkatnya.

Nampak pula antusias warga untuk melakukan pengecekan kesehatan, yang pelaksanaan kegiatannya dalam rangka memperingati Hari Kusta sedunia ke-65 yang jatuh pada tanggal 28 Januari.
( stvn )