Pemkab Bolmong Himbau Warga Bantaran Sungai Tingkatkan Kewaspadaan

Luapan sungai, (foto/ist)

 

Bacaan Lainnya

BOLMONG,MANADONEWS,-.Berdasarkan pantauan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Suawesi Utara (Sulut), bahwa pada hari ini (6 februari) mulai pukul 18.20 Wita hingga pukul 21.50 Wita berpotensi terjadi hujan berintensitas sedang hingga lebat disertai petir di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong).

Kondisi ini juga dapat meluas ke wilayah Kotamobagu, Bolmong Utara, Bolmong Selatan, Bolmong Timur, Minahasa Selatan, Tomohon, Minahasa, Minahasa Tenggara, dan sekitarnya.

Mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, maka Pemkab Bolmong melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menghimbau kepada masyarakat, khususnya yang tinggal di sekitar bantaran sungai agar meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan untuk antisipasi dini terkait ancaman bencana banjir yang setiap saat mengintai.

“Selain masyarakat yang ada di bantaran sungai, kami juga menghimbau bagi mereka yang rumahnya berdekatan dengan tebing untuk waspada akan ancaman tanah longsor. Hal ini disebabkan kondisi cuaca ekstrem sepekan terakhir,”kata Kepala BPBD Bolmong, Haris Dilapangan lewat situs resmi BPBD, Selasa (6/1).

Baca Juga:  Perebutkan Piala Bupati dan Wakil Bupati, PTMSI Bolmong Gelar Event Akbar

Lanjutnya, bahwa wilayah Bolmong masih berpotensi terjadi curah hujan dengan intensitas sedang sampai tinggi yang dapat disertai angin kencang. Kondisi tersebut akan mengalami puncak cuaca ekstrem pada bulan Maret 2018.

“Bila ada yang hal-hal yang menonjol dan dianggap kurang kondusif terkait dengan kondisi cuaca saat ini, baik Pemerintah Desa, Kecamatan maupun masyarakat dapat langsung menghubungi PUSDALOPS (Pusat Pengendalian Operasi) BPBD Bolmong dengan Layanan Call Center : 0822-3200-3400,”tutupnya.
( stvn )

Pos terkait