Dirjen Kementan RI Kunjungi Bolmong

Bupati bolmong, walikota kotamobagu dan dirjen prasarana dan sarana kementan ri saat memanen jagung, (foto/diskominfo)

 

Bacaan Lainnya

BOLMONG,MANADONEWS,-.Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Yasti Soepredjo Mokoagow pada Jumat (9/2) siang menerima kunjungan Direktur Jendral (Dirjen) Prasarana dan Sarana, Kementerian Pertanian (Kementan) RI, Pending Dadih Permana.

Kedatangan Dirjen Kementan RI ini langsung disambut Bupati Yasti yang selanjutnya menuju Desa Totabuan, Kecamatan Lolak untuk meninjau langsung panen jagung yang merupakan salah satu komoditas unggulan di Bolmong.

dirjen kementan ri diterima secara adat, (foto/diskominfo)

 

Dalam sambutannya, Bupati Yasti mengatakan, Kabupaten Bolmong memiliki berbagai potensi, salah satunya sektor pertanian yang memiliki luas 29.140 hektar untuk persawahan, dan 85.000 hektar lahan jagung.

“Bolmong adalah pemasok beras terbesar di Sulut. Ini juga semua kerja keras para petani, untuk itu saya harap Kementan RI dapat memperhatikan para petani dengan menambah anggaran lebih besar untuk menunjang sektor pertanian di Bolmong,”katanya.

Baca Juga:  Dishub Bolmong Resmi Buka Pos Retribusi Parkir di RSUD Datoe Binangkang

peninjauan lokasi panen jagung oleh bupati yasti,  wakil bupati yanni ronny tuuk,walikota kotamobagu dan dirjen kementan ri,(foto/diskominfo)

keakraban bupati bolmong dengan dirjen kementan ri,(foto/diskominfo)

 

Lanjut Yasti, dengan luas wilayah Bolmong yang mencakup 30 persen luas wilayah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) pihak Kementan RI bisa mengalokasikan anggaran yang proposional.

“Sampai saat ini, bolmong hanya mendapat ekor dari anggaran yang disediakan tiap tahun. Untuk itu saya dan masyarakat bolmong sangat membutuhkan perhatian dari Pemerintah Pusat maupun Provinsi. Karena, PAD sampai saat ini baru 39 miliar, dan itu belum cukup memenuhi kebutuhan petani,”tuturnya.

Pihak Dirjen Prasarana Dan Sarana Kementan RI pun menyambut baik permintaan Bupati Yasti ini.

“Untuk membangun sektor pertanian tidak hanya dilakukan oleh pemerintah pusat, melainkan pemerintah daerah. Oleh karena itu, saya langsung jawab saja keinginan Bupati, untuk alat mesin pertanian, kami tambah 25 unit Traktor, Pompa air dan Dua Unit Excavator,” ucapnya.

Dirinya berharap, bantuan ini dapat dimaksimalkan masyarakat guna peningkatan produksi pertanian.

Baca Juga:  Atasi Covid-19, Jangan Lupakan Mereka!

“Dengan adanya bantuan ini, agar kiranya dapat digunakan dengan baik. Sebab, ini bukan milik pribadi atau perseorangan, melainkan milik kita bersama khususnya para petani,” tutupnya.

Kegiatan ini pula turut dihadiri Wakil Bupati Bolmong Yanny R Tuuk, Sekda Tahlis Galang, Walikota Kotamobagu Tatong Bara, mewakili Gubernur Sulut Kepala Dinas Pertanian Provinsi Sulut, Dandim 1303 Letkol Inf Sigit Dwi Cahyono, Komandan Batalyon Artileri Medan 19/105 Tarik Bogani Letkol Artileri Iron Prasetyo, Kapolsek Lolak AKP Suharno juga Kepala Perangkat Daerah Bolmong dan Kotamobagu, Camat serta Sangadi.
(advetorial)

Pos terkait