23 Anggota Dewan Usulkan Hak Angket Ke Pimpinan DPRD Mitra

  • Whatsapp
Foto: Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Minahasa Tenggara dalam rangka usulan penggunaan hak angket

MITRA, MANADONEWS – Rapat Paripurna dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) dalam rangka usulan penggunaan hak angket, Rabu (21/2/2018).

Menurut anggota Dewan Kisman Hala salah satu pengusul hak angket dari 23 anggota Dewan Mitra, dengan melihat perkembangan terbaru di Kabupaten Mitra, DPRD menerima rekomendasi pokok-pokok permasalahan dari dewan adat Mitra, serta petisi yang disampaikan unsur masyarakat, DPRD dalam menciptakan stabilitas politik bagi masyarakat maka perlu menggunakan hak angket.

Baca Juga: Ribuan Warga Duduki Kantor DPRD Mitra Minta Plt Bupati Turun Dari Jabatannya

“Ada tiga fungsu utama DPRD yaitu, fungsi legislasi, fungsi anggaran, fungsi pengawasan. Dalam menjalankan tugas DPRD menggunakan kewenangan yang dimilikinya. Salah satunya yaitu dalam menggunakan hak angket,” kata Kisman.

Lanjut Kisman, hak angket ini diusulkan berdasarankan tindaklanjut dari usuluan surat yang masuk ke pimpinan anggota DPRD, rekomendasi dewan adat dan budaya Mitra, serta adanya unjuk rasa dari sejumlah element masyarakat berdasarkan tindakan penurunan foto Bupati Mitra James Sumendap, ujuran memilih kotak kosong itu berarti ketidak netralan pejabat Plt Bupati yang dimaksud untuk menfasilitasi jalannya pesta demokrasi yang kondusif,adanya proses pembiaran Plt Bupati saat yang bersangkutan diarak oleh pendukungnya ke kantor bupati dengan meneriakan yel-yel sebagai bentu ketidak kenetralan.

Baca Juga:  Kota Tomohon Satu Diantara Lima Daerah Di Indonesia Penyelengara IKKON.

“Maka kami mengusulkan kepada pimpinan DPRD Mitra untuk menggunakan haka angket. Tujuannya agar dapat melakukan penyelidikan kepada Plt Bupati Mitra Ronald Kandoli, tentunya sesuai mekanisme dan peraturan perudang-undangan yang berlaku,” sebutnya.

Hadir pada paripurna Plt Bupati Mitra yang hadir diwakili Asisten 1 Pemkab Mitra Drs G.H Mamahit.

(gerimokobimbing)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *