Dugaan PT Unicotin Cemari Lingkungan

AIRMADIDI, MANADONEWS – Dugaan pencemaran lingkungan limbah pabrik PT Unicotin, yang sempat menuai kritikan dari warga Kelurahan Sarongsong I baru-baru ini, akhirnya ditindaklanjuti Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Minahasa Utara (Minut). Komisi II yang membidangi lingkungan hidup dipimpin oleh Moses Corneles, Selasa (27/2) turun langsung ke lokasi perusahaan untuk melakukan pemeriksaan.

Saat diwawancarai manadonews.co.id Corneles mengatakan, masalah limbah PT Unicotin ini sudah sejak tahun lalu dikeluhkan warga. Pihaknya telah menanggil perusahaan dan dinas terkait (Dinas Lingkungan Hidup, red) agar alat yang diperuntukan mengelola limbah tersebut segera dibuat. Namun, hingga kini ternyata tak diseriusi oleh perusahaan.

“Tadi kita bersama dinas terkait sudah turun langsung ke lokasi pabrik, memang telah terjadi pembuangan limbah yang bisa merugikan masyarakat,” ujar politisi PDI Perjuangan itu.

Sementara itu, Sekertaris Komisi II Joseph Dengah menambahkan, hasil rapat yang digelar Komisi II memutuskan memberikan waktu 2 minggu ke depan terhadap perusahaan untuk menyediakan alat pengelola limbah tersebut. Kata dia, DPRD tidak main-main dalam hal ini, apalagi sampai terjadi pencemaran lingkungan yang bisa berujung kepada masyarakat.
“Perusahaan sudah berulang kali kita ingatkan dan itu diketahui dinas terkait. Disini kita harus melihat arif dan bijaksana, semua tau yang namanya pencemaran limbah pasti berefek terhadap kesehatan masyarakat. Dan itu diatur dalam undang-undang lingkungan hidup yang sudah menjadi kewajiban perusahaan, “tandas politikus Hanura itu.

Baca Juga:  Berantas DBD, Dinkes Bolmong Lakukan Fogging

Sebelumnya diketahui warga sekitar mengeluhkan kejadian ini. Dimana di lokasi belakang pabrik PT.Unicotin, selokan-selokan yang melewati pemukiman warga sudah tercemar, bahkan air yang ada di dalam selokan tersebut, berwarna keruh keputih-putihan. Tidak hanya itu bau busuk dan menyengat yang ditimbulkn limbah begitu menganggu.(aso)

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
3570 votes

This will close in 10 seconds