Gereja Megah Bergaya Romawi Akan Berdiri di Ring Road

oleh
Design gedung gereja katolik bergaya romawi klasik yang akan dibangun di ring road. (Foto: ist)

MANADO, Manadonews.co.id – Kerukunan antar umat beragama di Sulut, terus mengakar. Menyusul, Kota Manado menjadi ikon Kota Religi. Berikut akan dibangunnya gereja Katolik bergaya Romawi Klasik dengan anggaran 12.5 miliar, disamping patung Yesus Memberkati di kawasan Citra Land Manado.

“Puji Tuhan, peletakan batu pertama akan dilakukan oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE pada tanggal 8 April 2018 ini, dan akan dihadiri unsur Forkompimda Sulut, bersama Uskup Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu, MSC, “ungkap Ketua Panitia Ricky Laoritan didampingi Sekertaris Hanny Lumesar dan Seksi Pendanaan Suherman, Sabtu (31/03/2018) sore.

Dalam kesempatan itu juga, panitia pelaksana menyatakan rasa terima kasih khususnya pada CitraLand Group yang telah menghibahkan tanah seluas 700M2 untuk dibangun Gereja Katolik yang berdampingan dengan Patung Yesus Memberkati.

Selain ikut menunjang program ODSK dalam menggalakan sektor pariwisata, dalam hal ini bidang wisata religi, juga maksud dan tujuan pembangunan gereja ini untuk mengembangkan iman dan persatuan umat dengan mendirikan gereja Katolik bernama “Kerahiman Ilahi”. Dimana rencana pembangunannya akan dimulai April 2018 ini sampai 2021 mendatang,”terang Laoritan yang dibenarkan Lumesar dan Suherman.

Baca Juga:  Pipa PT Air di Ranotana Weru Bermasalah, PT Air Lakukan Pembenahan

Dengan mengambil momentum tahun Kerahiman Ilahi, filosofi design yang dirancang bersama unsur Fakultas Teknik Unsrat yang dimotori Prof Fabian Manoppo, bagian Fasad (tampak depan gereja) memiliki 2 Fasad atas dana bawah. Fasad atas menggambarkan Allah yang Maha Rahim, dan Fasad bawah menggambarkan manusia, hal ini menggambarkan hubungan Allah dan manusia.

Design gereja tampak samping (foto: ist)

Kemudian, bagian Kuba (Copula) terdiri dari 3 buah kuba yang menggambarkan Allah Tri Tunggal Maha Kudus. Kuba utama merupakan cosmos yang universal terletak di atas altar ruang maha kudus, tempat ditahtakannya Hosti Maha Kudus (Tabernakel), melambangkan Kristus yang hadir bersemayaman dan tinggal bersama dengan umatMu.

Kemudian, bagian jendela atas terdiri dari 10 jendela, melambangkan ke 10 perintah Allah, dan bagian badan jendela bawah terdiri dari 12 jendela, melambangkan ke 12 rasul. Sedangkan 2 tower utama bagian depan menggambarkan tangan Tuhan Yesus yang merangkul dan di bagian atas 2 tower ada lambing Roh Kudus sebagai roh Pembimbing Umat Allah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *