Bulog Salurkan Rastra Berkutu Tidak Layak Dikonsumsi

AIRMADIDI, MANADONEWS – Program pemerintah untuk membantu masyarakat kurang mampu melalui Bulog menyalurkan Beras Sejahtera (Rastra) di Desa Mapanget Kecamatan Talawaan Kabupaten Minahasa Utara (Minut). Dalam hal ini, Bulog kembali menjadi sorotan masyarakat dengan adanya beras yang tidak layak di konsumsi. Salah satu penerima rastra sesalkan karena beras rastra yang mereka terima berubah warna dan berkutu.

“Iya kami mendapat bantuan dari pemerintah lewat rastra, namun sayangnya beras yang diberikan oleh bulog sendiri sangat tidak layak untuk di konsumsi. Beras yang sudah menguning dan berkutu, sapa lagi yang mau mengonsumsinya yang malah membuat sakit,”keluh masyarakat Desa Mapanget.

Sementara itu, saat diminta keterangan ke Dinas Sosial dan Pemerintahan Desa dalam hal ini Kepala Bidang Perlindungan dan jaminan sosial (Linjamsos) Endru Palandung saat dimintai keterangan mengatakan ini adalah salah satu kejanggalan dari Bulog yang mungkin belum melakukan pemeriksaan beras yang layak untuk disalurkan ke masyarakat.

“Iya semestinya Bulog sebelum menyalurkan ke masyarakat sebaiknya periksa dulu, ini masih layak atau bagaimana,”kata Palandung saat dikonfirmasi di ruangan kerjanya Kamis (20/4).

Baca Juga:  Gubernur Sulut Tinjau Jalan Tol Manado-Bitung

Palandung juga menambahkan, masyarakat sebaiknya untuk membuat laporan ke hukum tua dan hukum tua melaporkan ke Dinas terkait dan dinas akan memberikan surat ke Bulog.

“Iya ketika penerimaan rastra itu tidak baik atau tidak layak di konsumsi dalam kwalitas berasnya, sebaiknya warga masyarakat tersebut bisa membuat surat membenarkan ke Hukum tua dan dari dinas akan ke Bulog untuk membenarkan nya,”tutur mantan Kabid Pemerintah Desa ini.

Palandung juga menjelaskan sampai saat ini juga belum ada laporan dari hukum tua terkait kwalitas beras rastra, dan iya berharap masyarakat untuk melaporkan jika ada kendala penyaluran.

“Jadi kalau ada komplain terkait permasalahan kwalitas beras maupun masalah penyaluran langsung saja ke Dinas nanti kami yang tindak lanjut ke Bulog,”ujar Palandung.

Sementara untuk Minut sendiri dikatakan Palandung ada 148 270Kg rastra yang disalurkan kepada 14.827 keluarga penerima manfaat (KPM)

“Minut sendiri ada 125 dan 6 kelurahan dari 10 kecamatan yang mendapat rastra yang juga sudah gratis, tapi yang dulunya dapat 15Kg kali ini tinggal 10kg per keluarga setiap bulan,”terang Palandung. (aso)

Baca Juga:  Nayodo: Pemerintah Kota Akan Membuat Sayembara Mencari Nama RSUD Kotamobagu