Example floating
Example floating
Berita TerbaruBerita UtamaKelautan & PerikananMinutPemerintahan

Dirut PUD Klabat Tacoh: Pabrik Es di Kema Siap Berperasi

×

Dirut PUD Klabat Tacoh: Pabrik Es di Kema Siap Berperasi

Sebarkan artikel ini

AIRMADIDI, MANADONEWS – Kabar gembira bagi masyarakat Desa Kema Kecamatan Kema kabupaten Minahasa Utara (Minut) pabrik es yang sudah lama tutup akan beroperasi kembali. Hal ini dikatakan Direktur Utama (Dirut) Perusahan Umum Daerah (PUD) Klabat Estrella Tacoh SE, Kamis (3/5) dikantor Bupati Minut.

“Sebelum mengoperasikan pabrik es ini akan dilakukan penandatanganan nota kesepakatan atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Dinas Kelautan dan Perikanan Minut dan PUD Klabat. Sedang berproses di bagian hukum, diprakirakan pabrik tersebut akan beroperasi bulan Mei ini,” ujar Tacoh.

MANTOS MANTOS

Diketahui, management yang lama banyak kesalahan adminitrasi karena meninggalkan hutang pembayaran listrik sebesar Rp 300 juta.

“Kami PUD Klabat akan menyelesaikan hutang pembayaran listrik dengan mencicil, karena tidak ada dana sebesar itu untuk membayar lunas, “ucap Tacoh.

Saat dikonfrimasi, Kepala Dinas Kelautandan Perikanan Ir Sadrak Tairas membenarkan informasi tersebut.

“Pabrik es di Desa Kema tersebut akan dioperasikan oleh PD Klabat, hal tersebut akan dituangkan dalam MoU. Terkait hutang pembayaran listrik pihak PLN menyampaikan harus diselesaikan oleh PD Klabat sebagai pengelola dengan cara menyicil,” terang Tairas.

Sementara itu, Hukum Tua Desa Kema III Rasyid Yahya mengaku senang apabila pabrik es tersebut dioperasikan kembali.

“Hal ini tentunya akan sangat membantu para nelayan yang sangat membutuhkan es untuk mengawetkan ikan hasil tangkapan, terutama kapal penangkap ikan sampai dengan 30 GT yang melakukan penangkapan ikan di laut lepas sampai berminggu-minggu,” tutup Rasyid. (aso)

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *