Ibu Helly Marathon Lakukan Penilaian Lomba Desa Tingkat Kabupaten

TONDANO, MANADONEWS – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Minahasa Ny Helly Grace Mewoh-Pongoh SE, Kamis (03/05) pagi, secara marathon, turun ke Desa-desa yang mewakili masing-masing Kecamatan se-Minahasa, untuk melakukan penilaian dalam rangka Lomba Desa Tingkat Kabupaten tahun 2018.

Adapun sejumlah Desa yang dikunjungi yakni, Desa Makalelon Kecamatan Kakas, Desa Wasian Kecamatan Kakas Barat, Desa Walewangko Kecamatan Langowan Barat dan Desa Karumenga Kecamatan Langowan Utara.

Dikatakan ibu Helly Lomba Desa ini sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Permendagri-RI) nomor 81 tahun 2015, tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan, dalam mana Lomba Desa dan Kelurahan ini dilakukan setiap tahun untuk memacu semangat Desa dan Kelurahan untuk berprestasi disegala bidang pengembangan Desa dan Kelurahan.

“Ditegaskan dalam Permendagri-RI no 81 tahun 2015, tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan, untuk dapat mengetahui mengenai efektivitas, kemajuan, kemandirian, keberlanjutan pembangunan, kesejahteraan masyarakat, tingkat perkembangan, serta daya saing Desa dan Kelurahan, melalui pembangunan Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat Daerah dan Desa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia, maka diperlukan evaluasi perkembangan Desa dan Kelurahan melalui Lomba Desa dan Kelurahan ini,” papar istri tercinta dari Penjabat Bupati MinahasaRoyke Mewoh itu.

Baca Juga:  ROR Teken Kerjasama dengan Pemkab Malang

Lanjutnya, penilaian meliputi tiga bidang yakni, Pemerintahan, Kewilayahan dan Kemasyarakatan.

“Sehingga penilaian Lomba Desa dan Kelurahan ini akan meliputi antara lain, Pendidikan, Kesehatan Masyarakat, Ekonomi Masyarakat, Keamanan dan Ketertiban, Partisipasi Masyarakat, Pemerintahan, Lembaga Kemasyarakatan, serta Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga,” ujarnya.

Turut mendapingi Ketua TP-PKK Minahasa dalam melakukan penilaian, Ketua Dharma Wanita Persatuan Minahasa Ny Seeve Korengkeng-Warouw, serta anggota TP-PKK dan Dharma Wanita Persatuan lainnya.

Yunita

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
1010 votes

This will close in 10 seconds