Example floating
Example floating
Kotamobagu

Kotamobagu Kembali Terima Bantuan Traktor Pertanian

×

Kotamobagu Kembali Terima Bantuan Traktor Pertanian

Sebarkan artikel ini

MANADONEWS, KOTAMOBAGU– Kotamobagu kembali mendapatkan bantuan susulan, 5 alat Alsintan dari Kementrian Pertanian setelah sebelumnya juga telah menerima alat serupa.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Pertanian, Meiva Nayoan mengatakan, bantuan alat alsintan tersebut tidak diserahkan kepada kelompok tani melainkan ada di pinjam pakaikan.

MANTOS MANTOS

“Itu tidak diserahkan ke kelompok, namun untuk alat besar seperti Traktor roda empat dan excapator itu harus ada brigade alsintan atau pengawas alat besar,” kata Nayoan, Jumat (04/05/2018).

Dirinya mengatakan, Brigade alsintan sangat diperlukan untuk melakukan pengawasan serta menjaga kerusakan pada alat terbut jika kemudian ada kelompok tani yang meminjam.

“Jadi jika ada kelompok tani yang meminjam maka harus ada pengawas alsintan atau brigade alsintan yang sudah disediakan oleh dispertanak sendiri. Hal ini untuk menjaga kerusakan pada alat tersebut,” jelasnya.

Lanjutnya, Untuk kategori peminjam akan disesuaikan dengan Peraturan Walikota (Perwako) yang bakal disusun dalam waktu dekat ini.

“Kami belum bisa pastikan seperti apa, tetapi masih dalam penyususnan Peraturan Walikota (Perwako) seperti apa kelompok tani yang nantinya akan meminjam itu. Untuk bianya peminjamnya tidak ada, tetapi untuk biaya solar dan pemeliharaanya harus ditanggung oleh kelompok petani sendiri serta sistim penyewaannya tidak seperti suasta yang sedikit mahal,” pungkasnya.
(MLS)

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *