Umbase: Inspektorat Bukan Instansi Yang Menakuti Tapi Mendampingi

oleh

AIRMADIDI, MANADONEWS – Muncul dugaan ada tim Inspektorat Minahasa Utara (Minut) menerima suap dari Hukum Tua terkait adanya pemeriksaan Dana Desa (Dandes). Menyikapi isu yang beredar tersebut, Kepala Inspektorat Minut Drs Umbase Mayuntu langsung membantahnya.

“Laporan ini akan saya telusuri ke staf atau tim yang turun. Namun saya tegaskan, Inspektorat tidak boleh menerima suap dan juga nego-nego dengan Hukum Tua,” ujar Mayuntu kepada wartawan, Kamis (17/5).

Ditegaskan Mayuntu, jika ada ASN dalam tim pemeriksa ketahuan menerima suap, maka tindakan keras akan diberikan kepada yang bersangkutan. Tindakan itu berupa dipindah tugaskan hingga proses hukum.

“Inspektorat bukan instansi yang menakuti tapi mendampingi hukum tua dan SKPD dalam penyusunan laporan penanggungjawaban anggaran,” tandasnya.

Ditambahkan Umbase jika saat ini pihaknya sementara melaksanakan pemeriksaan pada penggunaan anggaran tahun 2017. Jika dalam pemeriksaan ini ditemukan ada kekeliruan dalam laporan pertanggungjawaban anggaran, maka Inspektorat siap melakukan pendampingan.

“Sekarang tim inspektorat lagi turun lakukan pemeriksaan anggaran 2017,” katanya.

Baca Juga:  Pawai Pembangunan Semarakan HUT Ke-10 Kota-Kotamobagu

Disinggung soal adanya sorotan dari DPRD Minut terkait tidak transparannya Inspektorat dalam memberikan laporan ke legislator, Umbase mengatakan jika hal tersebut tidak bisa dipublikasikan.

“Inspektorat sifatnya pembinaan dan harus diperbaiki sehingga tidak bisa di ekspos agar kepala SKPD maupun Kumtua yang bermasalah tidak merasa malu,” tandasnya.(aso)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *