Pemkot Tomohon Apresiasi kinerja BB POM Sulut

Foto bersama

Tomohon manadonews.co.id

Pemerintah Kota  (Pemkot) Tomohon mengapresiasi Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BB POM) Manado karena menyelenggarakan kegiatan Forum Advokasi Komitmen Pemerintah Daerah dan Lintas Sektor dalam rangka Implementasi Pasar Aman dari Bahan Berbahaya.

Wali Kota Jimmy Feldie Eman SE Ak menilai, forum tersebut sangat bermanfaat bagi pelaku bisnid dan konsumen di Kota Bunga sebab bermaksud untuk menjamin keamanan pangan bagi masyarakat dengan strategi program yaitu Pelatihan, Pengawasan, Advokasi, Monitoring, dan Evaluasi serta Replikasi Pasar.

Wali Kota Eman mengungkapkan apresiasi tersebut saat membuka kegiatan BB POM Manado itu secara resmi di Ruang Rapat Lantai 3 Skeretariat Daerah Kota Tomohon, Selasa (22/5/2018).

“Menurut keputusan Menteri Kesehatan RI No: 519/Menkes/SK/VI/2008 tentang pedoman penyelenggaraan pasar sehat, pasar tradisional didefinisikan sebagai pasar yang berlokasi permanen, adanya pengelola sebagian besar barang untuk diperjualbelikan yang adalah kebutuhan dasar sehari-hari dengan praktek perdagangan dan fasilitas infrastruktur yang sederhana, serta adanya interaksi langsung antara penjual dan pembeli,” jelas Eman.

Baca Juga:  50 Kendis Milik Pemkot Kotamobagu Masih Menunggu Tahapan Lelang

“Kurangnya pengendalian dan pengawasan yang dilakukan menyebabkan masih banyaknya temuan pangan yang mengandung bahan bebahaya untuk dikonsumsi, keberadaan pangan yang mengadung bahan berbahaya tersebut tentunya sangat tidak diinginkan karena dapat menggangu kesehatan konsumen,” sambung Wali Kota.

Menurut Eman, pasar tradisional dapat dikategorikan sebagai pasar sehat bila memenuhi persyaratan yang telah ditentukan, yaitu, persyaratan dari aspek lokasi pasar, Kondisi fisik bangunan, sanitasi air dan bangunan, prilaku hidup sehat dan bersih dan fasilitas lain yang menunjang.

Terpantau hadir dalam kegitan tersebut, Kepala Sub Direktorat Pemberdayaan Pelaku Usaha Badan POM RI Dra. Sulistyorini, MSc, Kepala BB POM Manado Dra. Rustyawaty, Apoteker, M.Kes,.Epid, Sekretaris Daerah Kota Ir. Harold V. Lolowang, MSc, para asisten, kepala badan dan para kepala dinas, serta jajaran PemkotTomohon lainya (robby lumi)

 

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
528 votes

This will close in 10 seconds