Example floating
Example floating
BeritaBerita TerbaruBerita UtamaPariwisataTomohon

Event TIFF 2018 Semakin Menggema di Jakarta

×

Event TIFF 2018 Semakin Menggema di Jakarta

Sebarkan artikel ini
Menteri Pariwisata RI, Walikota dan Wakil Walikota Tomohon, Ketua Panitia TIFF 2018 bersama membuka countdown event TIFF 2018. (FOTO: istimewa)

JAKARTA, Manadonews.co.id – Event tahunan Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2018 semakin dekat. Event yang disebut-sebut sebagai festival bunga terbesar di Indonesia saat ini. Kegiatan  TIFF tahun ini merupakan penyelenggaraan ke delapan dari event yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Tomohon. Event ke 8 akan dimulai tanggal 8 bulan 8 tahun 2018 dengan tema “8eautiful Tomohon”.

Dalam rangka sosialisasi dan promosi TIFF 2018, Pemerintah Kota Manado menggelar acara Countdown to Tomohon And International Flower Festival dan press conference TIFF 2018 di Jakarta. Kegiatan ini berlangsung pada Senin (9/7/2018) bertempat di Balairung Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta. Hadir dalam kesempatan ini Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Bapak Arief Yahya,  Deputi Pemasaran 1 Kemenpar RI bapak I Gede Pitana, Dirjen Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri bapak Cecep Hermawan dan sejumlah tokoh-tokoh Kawanua asal Sulawesi Utara di Jakarta.

MANTOS MANTOS
Para Tamu VIP yang hadir dalam acara Countdown to 8th Tomohon International Flower Festival 2018. (FOTO: istimewa)

Dalam kegiatan ini juga hadir para duta-duta besar dari negara-negara sahabat, diantaranya Michael Gonzales Castnk (Embassy of Cuba), Ahmed Al Bakri (Embassy of Yemen), Ekaterina Kuznetsova (Embassy of Russian Federation) , Ricardo Panka (Embassy of Suriname) serta Behrouz Nikpour Iranji and Mahdi Abolghasimi (Embassy of Iran).

Hadir pula mewakili Pemerintah Kota Tomohon diantaranya Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman, Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan beserta jajaran lainnya. Acara dimeriahkan juga oleh penyanyi kondang Ruth Sahanaya, Michele Ariani (Miss Earth Indonesia 2017), Lois Merry Tangel (Miss Tourism Cosmopolitan International 2017/2018), Putri Pariwisata Indonesia, dan duta Kota Tomohon yaitu para Putra Putri Tomohon.  Dalam kesempatan tersebut pula diisi dengan kegiatan fashion show dari brand-brand fashion yang telah mendunia karya para perancang asli Sulawesi Utara diantaranya Coreta Indonesia, CLO Bag, dan Batik Tomohon by Sizzy Matindas.

Baca Juga:  Panelewen Lantik Kepala Instalasi Rekam Medik Masraini

“Saya bangga dengan angka pertumbuhan wisnus dan wisman di Sulawesi Utara. hal ini tentu tidak terpisah dari andil Tomohon dengan event tahunannya TIFF. Angka pertumbuhan wisawatan meningkat tiga kali lipat. Untuk tahun ini, ditargetkan akan mencapai 90 ribu wisman yang akan berkunjung ke Tomohon menyaksikan keindahan bunga di sini,” kata Arief Yahya Menteri Pariwisata di Gedung Sapta Pesona, Senin(10/7/2018).

Untuk mencapai target ini, tentu dibutuhkan dukungan untuk kenyamanan wisatawan mulai dari okomodasi hingga akses transportasi. Tomohon memiliki akses hanya 45 menit dari Bandara Sam Ratulangi Manado. Sementara untuk penginapan, kini sudah mulai dibangun hotel berbintang lima dan homestay sebagai infrastruktur pendukung kenyamanan wisatawan di Tomohon.

“Tahun lalu wisman yang masuk melalui Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado melonjak hampir 100 persen dari 40 ribu menjadi 100 ribu wisman, yang didominasi turis dari Tiongkok. Ini karena banyaknya penerbangan charter dari kota-kota besar seperti Tiongkok yaitu Chengdu, Chongqing, Guangzou, Hongkong, Wuhan, Nanchang, Changsha, Macau yang Iangsung ke Bandara Sam Ratulangl,” kata Menpar Arief.

Selain meningkatkan angka pertumbuhan wisatawan, kehadiran TIFF ini secara konsisten juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat Tomohon. Selama event petani bunga, toko bangunan, para desainer, hingga jasa penyewa mobil mendapatkan penghasilan yang meningkat. Secaralangsung mempengaruhi tingkat perekomian masyarakat sekitar.

Baca Juga:  THL Berhak Peroleh Kompensasi Layak

“Target TIFF 2018 menjadi sarana promosi serta meningkatkan ekonomi masyarakat petani dan perajin bunga. Bunga dan tananam hias merupakan bagian dari budaya masyarakat Tomohon dan menjadi daya tarik pariwisata yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Jimmy Feidie Eman Walikota Tomohon.

Coreta Louise Kapoyos Ketua Panitia TIFF 2018 mendampingi Menteri Pariwisata RI Arief Yahya dalam event Countdown TIFF 2018. (FOTO: istimewa)

Pada tahun ini TIFF 2018 mengusung tema Beautiful Tomohon, untuk menegaskan bahwa Tomohon sebagai kota bunga memiliki alam yang indah yang dikaruniai banyak gunung diantaranya Gunung Lokon, Empung, Tatawiran, Mahawu, Tampusu, Masarang, dan Kasuratan). Kemudian Tomohon juga memiliki keindahan danau yaitu danau Tampusu, Linow, pangolombian, Sineleyan, Panunuzaen, Linow Oki, dan Kasewean). Keindahan Tomohon semakin sempurna untuk dikunjungi dengan keberadaan air terjun yaitu Tapahan Rinokrok. Tumimperas. Regesan, Ranowawa,Tekaan Telu, Kanderawatu, dan Kinapesutan.

Rangkaian kegiatan TIFF 2018 akan terdiri dari Tournament of Flowers atau Flower Parade dan Flower Fashion Carnival yang berlangsung di Jalan Protokol Kota Tomohon pada 8 Agustus 2018. Selain itu diadakan pula pameran Tourism, Trade, Investment and Floriculture Expo serta Pagelaran Seni dan Budaya Nusantara yang berlangsung di Panggung Pameran Stadion Babe Palar Tomohon pada 7-12 Agustus 2018.

“Pada tahun ini TIFF 2018 akan berbeda dan lebih menarik. Sejumlah bunga-bunga indah seperti bunga krisan yang merupakan kebanggaan dan khas Tomohon akan dilihat dalam event internasional ini. Sederet negara juga akan berpartisipasi, Prince dan Princess Georgia dikonfirmasi akan menghadiri TIFF 2018 di Tomohon,” tutup Coreta Louise Kapoyos Ketua Panitia TIFF 2018.

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *