Example floating
Example floating
BeritaBerita TerbaruBerita UtamaMitra

Ditinggalkan PT Newmont, Kemanakah Anggaran Bantuan Puluhan Miliar?

×

Ditinggalkan PT Newmont, Kemanakah Anggaran Bantuan Puluhan Miliar?

Sebarkan artikel ini
Foto: gambar ilustrasi

MITRA, ManadoNews.co.id Sekalipun telah berhenti beroperasi, namun, pergunjingan publik mengenai PT Newmont Minahasa Raya, rupanya belum berhenti. Utamanya sejumlah kalangan yang mempertanyakan kucuran dana sejenis CSR (Corporate Social Responsibility) yang ditinggalkan PT Newmont kepada tiga yayasan besar.

Diantaranya, Yayasan Minahasa Raya, Sulut Berkelanjutan dan Yayasan Ratatotok-Buyat. Konon, anggaran yang dikelola pihak yayasan mencapai Rp 70 miliar. Ironisnya, ditengara tak sekalipun pihak yayasan mengekspos laporan pertanggungjawaban dana bantuan perusahaan tambang asal Amerika itu. “Ada baiknya pihak yayasan yang dimaksud secara terang benderang memberi pertanggungjawabannya,” saran sejumlah sumber kredibel, kepada harian ini, kemarin.

MANTOS MANTOS

Apalagi menurut sumber, pihak yayasan telah membuat goodwill agreement (perjanjian niat baik) dengan pemerintah pusat. Di dalamnya Kementerian Koordinator Kesejahtraan Rakyat atau Kemekokesra (sekarang Kementerian Peberdayaan Manusia dan Kebudayaan), pihak newmont, Kementerian Lingkungan Hidup bersama perwakilan Pemerintah Provinsi Sulut.

Baca Juga:  Tim Paniki Polresta Manado Hadiahi Timah Panas Pelaku Pencurian Motor Tempel

“Jadi sebaiknya ada laporan pertanggungjawaban. Terutama kepada masyarakat. Karena merujuk historisnya, bantuan PT Newmont dimaksudkan untuk pemberdayaan SDM(Sumber Daya Manusia). Utamanya di wilayah Ratatotok,” papar sumber.

Terpisah, pihak PT Newmont yang dihubungi harian ini tadi malam, mengatakan, konsekuensinya tentu telah tertuang pada goodwill agreement. “Dan setahu saya, perjanjian atau masa kerja pengurus yayasan akan berakhir tahun ini,” singkat Desi Mantiri, pihak PT Newmont, yang dihubungi via seluler.

(gerimokobimbing)

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *