Example floating
Example floating
BeritaBerita TerbaruBerita UtamaDesaLingkungan HidupPemerintahanPolitik

DLH Sulut Segera Cek Lokasi Pengrusakan Hutan Mangrove di Sangtombolang

×

DLH Sulut Segera Cek Lokasi Pengrusakan Hutan Mangrove di Sangtombolang

Sebarkan artikel ini

Kabid Penaatan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup Sulut, Arfan Basuki. (foto/mn)

BOLMONG,MANADONEWS,-.Adanya dugaan pengrusakan hutan Mangrove di Desa Babo Kecamatan Sangtombolang Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) seperti yang disampaikan oleh Hendra Labaso warga desa setempat melalui akun media sosial Facebook miliknya belum lama ini. Akhirnya mendapat tanggapan serius dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

MANTOS MANTOS

Menurut Kepala DLH Sulut Ir. Marly Gumalag melalui Arfan Basuki,SH selaku Kabid Penaatan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup, bahwa dengan adanya laporan tersebut pihaknya pasti akan turun lapangan untuk verifikasi.

“Adanya laporan ini, kami akan turun meninjau lokasi. Namun, terlebih dahulu akan berkoordinasi dengan DLH Kabupaten Bolmong,” ujar Arfan, Rabu (26/9) siang diruang kerjanya.

Baca Juga:  Media Center KPU Minahasa Diresmikan, Tinangon: No Days Without News

Lokasi Hutan Mangrove yang diduga dirusak oknum tak bertanggung jawab

 

Menurutnya, setiap laporan yang masuk baik dari warga ataupun media akan tetap ditindaklanjuti.

“Kami akan tindaklanjuti jika ada pengaduan secara tertulis. Ini sudah sesuai Permen DLH p22/MenLHK/setjen/set.1/3/2017,” bebernya.

Lanjutnya, jika dalam hasil pengecekan dilapangan ditemukan ada pelanggaran. Otomatis pihaknya akan memberikan sanksi.

“Saat turun lapangan dan menemukan ada pelanggaran maka ada sanksi bagi oknum tersebut. Untuk sanksinya akan diberikan sesuai hasil temuan, bisa melalui pembinaan. Namun jika sudah fatal maka akan dipidanakan,” tuturnya.

Hal ini dijelaskan Arfan karena Mangrove memiliki UU khusus yang seharusnya dijaga dan dilindungi. Selain itu, bagi masyarakat yang ingin melapor dihimbau agar tidak takut karena identitas akan dirahasiakan oleh pihak DLH Sulut.

Baca Juga:  Usai Dipecat Pemkot Bitung, Olly Angkat Jerry Bastian Jadi THL Provinsi

“Kami menjamin identitas pelapor akan dirahasiakan. Oleh karena itu masyarakat jangan takut melapor walaupun hasil investigasi dilapangan belum diketahui apakah oknum perusak hutan mangrove melanggar atau tidak,” tutupnya.
(stvn)

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *