Wabup Minsel Hadiri Sosialisasi UU Kekarantinaan Kesehatan

Wabup Minahasa Selatan, Franky Wongkar saat berfoto bersama Wagub Sulut dan Baleg DPR-RI

 

SULUT,MANADONEWS,-.Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Franky Wongkar ikut menghadiri Sosialisasi Undang-Undang No. 6 Tahun 2018 Tentang Kekarantinaan Kesehatan di Ruang C.J. Rantung, Kamis (24/10) siang.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh pemerintah daerah Sulut yang bekerjasama dengan Badan Legislasi (Baleg) DPR-RI.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Drs. Steven O.E. Kandouw mengapresiasi kunjungan kerja Badan Legislasi (Baleg) DPR RI kali ini.

“Atas nama Pak Gubernur, kami mengapresiasi kunjungan kerja ini. Sulut menjadi salah satu lokasi awal yang dipilih Badan Legislasi DPR RI untuk sosialisasi UU Kekarantinaan Kesehatan,” kata Wagub Kandouw.

Kandouw menuturkan, letak geografis Sulut yang berada di bibir pasifik, memposisikan kawasan ini sebagai penghubung Kawasan Indonesia Timur dengan kawasan pasifik dan merupakan wilayah lalu lintas orang dan barang, sehingga penerapan UU Kekarantinaan Kesehatan dinilai tepat.

“UU Kekarantinaan Kesehatan dapat mencegah masuknya faktor risiko penyebaran penyakit dan gangguan kesehatan melalui pelabuhan dan tempat lainnya. Pengendalian ini harus dilakukan secara terpadu,” beber Kandouw.

Baca Juga:  Mega Kembali Percayakan Caroll Senduk Jabat Pimpinan Dekot Tomohon

Sebelumnya Ketua Tim Kunjungan Kerja Baleg DPR RI Luthfi Andi Mutty menerangkan tujuan kunker tersebut.

“Tujuan Sosialisasi UU Kekarantinaan Kesehatan ini adalah untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dengan melindungi masyarakat dari penyakit,” katanya.

Sementara itu, usai kegiatan Wabup Wongkar menuturkan bahwa dirinya mendukung langkah-langkah positif seperti ini dan semoga bisa bermanfaat bagi masyarakat luas.

“Selain melindungi warga dari penyakit, sosialisasi ini pula untuk meminimalisir faktor resiko kesehatan masyarakat yang berpotensi menimbulkan kedaruratan kesehatan masyarakat,” singkatnya.
(stvn)