3 Mata Air Pegunungan Siap Penuhi Kebutuhan Warga Pangi Timur

Kepala desa Pangi Timur, Riston Tempoh saat meninjau bak air. (foto/mn)

BOLMONG,MANADONEWS,-.Pemerintah Desa (Pemdes) Pangi Timur Kecamatan Sangtombolang Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) terus berupaya memenuhi kebutuhan air bersih warganya. Hal ini dibuktikan dengan segera rampungnya pembuatan 2 bak air.

Bacaan Lainnya

“Untuk proyek pengerjaan 2 bak air segera rampung. Bak induk berukuran 4x4x2 meter, sedangkan bak penampungan 2x2x1 meter yang saat ini kedua pekerjaan tersebut sudah mencapai 85 persen. Saat ini kami tinggal menunggu pesanan pipa yang berstandar SNI,” ujar Sangadi Pangi Timur, Riston Tempoh, Jumat (9/11/2018) sore.

Lanjutnya, untuk menyuplai air, pihaknya mengoptimalkan tiga (3) mata air pegunungan yang berjarak sekitar 1300 meter dari desa.

“Memang mata air didesa yang berasal dari alam. Kami sudah mencoba disaat musim panas ini, hanya 3 jam bak induk sudah penuh dan itu baru satu mata air. Airnya pun bisa diminum langsung,” tambahnya.

Baca Juga:  Bolmong Pertama di Sulut Yang Bakal Dapat Pelatihan SEPAKAT Dari Bappenas RI

Pembangunan bak air dan juga saluran pipa untuk warga ini berasal dari Dana Desa dengan anggaran Rp 400 juta dan diyakini oleh Sangadi Riston bisa memenuhi semua kebutuhan warga terkait air bersih.

Menurutnya, jika pekerjaan sudah rampung, maka akan dibahas bersama BPD, Tokoh Masyarakat  dan Masyarakat untuk retribusi yang bertujuan perawatan maupun pemeliharaan.

“Nantinya juga bisa masuk PAD atau kelola lewat Bumdes. Sebab ini terobosan pemerintah desa guna kesejahteraan rakyat,” tutupnya.
(stvn)

Pos terkait