Mengenang 40 Hari Meninggalnya Suster Maria Suoth Dari Hati Kudus OCD Tomohon

Nampak keluarga besar Ordo Karmel Tak Berkasut (OCD) di Kakaskasen dan rukun Suoth

SULUT,MANADONEWS,-.Tepat pada hari Sabtu (12/1/2019) 40 hari berpulangnya Suster Maria Suoth dari Hati Kudus OCD Kakaskasen Tomohon. Suster Maria diketahui meninggal pada hari Minggu 2 Desember 2018 silam dengan tutup usia 92 tahun 11 bulan.

Lahir di Desa Lolah pada 28 Januari 1926 sebagai anak keempat dari enam bersaudara dari ayah Filipus Suoth (alm) dan ibu Maritje Sampow (alm) dengan nama Agustina Suoth.

Diusia belia, Agustina menyelesaikan pendidikan perawat di RS Gunung Maria Tomohon. Namun, menjadi perawat bukan tujuan akhir dirinya karena gema pertapa begitu kuat. Sehingga diusia ke 25 tahun tepatnya pada 1 November 1951, dirinya bergabung dengan Ordo Karmel Tak Berkasut (OCD) di Kakaskasen Tomohon.

Dua tahun kemudian, tepatnya pada tanggal 4 November 1953, gadis belia ini mengikrarkan kaul dalam Ordo Santa Teresa dari Avila dengan nama Suster Maria Hati Kudus dari OCD.

Pada tanggal 4 November 1956 Suster Maria memutuskan untuk mengikuti Kristus sampai akhir hayat dengan mengikrarkan kaul agungnya.

Baca Juga:  Jimmy Eman Melayat Orang Tua Staf Ahli Walikota

Suster yang murah senyum ini begitu tekun melayani umat dengan doa-doanya dan akhirnya sebagaimana Ibunda pendiri Ordo, ia pun berkata ” Aku ingin melihat Tuhan, tapi untuk melihat-Nya aku harus mati”.

Kerinduan hatinya pun telah terwujud pada hari Minggu 2 Desember 2018 silam, saat dirinya dipanggil pulang oleh Yang Maha Kuasa.

Dunia dan orang-orang yang dia cintai kini ditinggalkannya untuk selama-lamanya, sebab katanya ” Solo Dios Basta/ Tuhan Saja Cukup”.

Atas meninggalnya Suster Maria, pihak Sr.Kepala/muder add Sr. Laurencia dari hati Kudus OCD dan Rukun Suoth yang didirikan oleh Suster Maria Suoth yang tersebar di Norwegia, Belanda, Jakarta, Surabaya dan Sulut, dengan diketuai Melania Tulusan.ME tak lupa mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah Sulut dalam hal ini Gubernur Olly Dondokambey, Walikota dan Wakil Walikota Tomohon, Bupati dan Wakil Bupati Minahasa serta seluruh pihak yang telah banyak membantu.

“Kami keluarga besar Rukun Suoth mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu. Kiranya budi baik bapak dan ibu dibalas oleh Tuhan YME,” ujar Tulusan.
(stvn)

Baca Juga:  Dilantik Mokodongan Arnold Poli Pimpin Korpri Kota Tomohon