Berita UtamaKesehatanSulawesi Utara

RSUP Kandou Gelar Penyuluhan Jantung

SULUT,Manadonews.co.id-.RSUP Kandou Manado melalui Instalasi Promosi Kesehatan RS (IPKRS) menggelar penyuluhan tentang Jantung di depan Depo Apotek Instalasi Rawat Jalan, Rabu (19/6/2019).

Dalam materi penyuluhannya, dr Victor Joseph Sp.JP.FIHA mengangkat tema “Hindari dan Kenali Penyakit Jantung Koroner”.

Menurutnya, 36 juta orang meninggal karena Penyakit Tidak Menular (PTM) yang mencakup 63 persen dari jumlah kematian, dan 17,3 juta kematian disebabkan oleh penyakit Kardiovaskuler. Untuk kematian yang disebabkan oleh penyakit Kardiovaskuler akan terus meningkat mencapai 23,3 juta kematian.

Penyakit Kardiovaskuler adalah gangguan fungsi jantung dan pembuluh darah. Paling umum dan terkenal adalah penyakit jantung koroner dan stroke.

“Deteksi sejak dini dapat menurunkan biaya pengobatan yang dibutuhkan untuk mencegah serangan jantung dan stroke. Disarankan orang dewasa tanpa terkecuali untuk memeriksa tekanan darahnya dan mengetahui tingkat tekanan darahnya,” ujarnya.

Dirinya memberikan tips untuk menjaga kesehatan jantung, diantaranya olahraga, tertawa, hindari merokok, tak menkonsumsi makanan cepat saji.

“Selain itu harus tidur cukup serta konsumsi anggur dan sayuran,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala IPKRS dr Neni Eka Wardhani mengatakan, bahwa instalasi promosi kesehatan rumah sakit rutin melakukan edukasi kesehatan lewat penyuluhan setiap minggunya kepada masyarakat yang ada dirumah sakit agar masyarakat semakin menyadari akan pemtingnya kesehatan.

“Diharapkan, pengunjung RS yang ikut penyuluhan ini akan lebih paham tentang penyalit jantung,” singkatnya.

Diketahui, selain dr.Victor Joseph Sp.JP.FIHA, pemateri lainnya adalah dr.Grace Lumentut,MPH.
(Stvn)

Exit mobile version