MANADO,MANADONEWS.co.id-Setelah berlangsung selama dua hari, Ajang pameran kompetisi inovasi pelayanan publik se-Sulut, resmi ditutup oleh Gubernur Sulut diwakili oleh Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra Setdaprov Sulut Edison Humiang Rabu (19/6/2019) di Altrium Manado Town Square Manado.
Berdasarkan penilain juri pada kegiatan ini yang terdiri dari:
1.Helda Tirayoh (Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sulut)
- DR Ferry Liando (Akademisi / Pengamat Pemerintahan)
3.Tommy Waworundeng (Pers) - Harfey Sendoh (Staf Ahli Gubernur Bidang Pelayanan Publik dan e-Goverment), akhirnya memutuskan pemenang lomba masing-masing:
A.Pemenang Lomba Antara SKPD Se-Provinsi Sulut;
-TERBAIK I :Biro Umum Setdaprov
Sulut
-TERBAIK II :Dinas Perhubungan Prov
Sulut
-TERBAIK III:Dinas Kesehatan Prov
Sulut
B.Pemenang Lomba Antara Kab/Kota
-TERBAIK I :Dinas Penanaman Modal
PTSP kota Manado
-TERBAIK II:Dinas Kesehatan Bolmut
-TERBAIK III:UPTD Puskesmas-
Molibagu Kab.Bolsel
Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra Edison Humiang mewakili Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam kesempatan itu antara lain sangat mengapresiasi inovasi pelayanan publik yang saat ini dilaksanakan pada SKPD dan Kabupaten/Kota Se-Provinsi Sulut.
“Kegiatan pameran dan lomba kali ini menjadi parameter kemajuan dan perkembangan tata pelayanan publik yang dalam jajaran pemerintah Provinsi Sulut.”ungkap Humiang sambil mengapresiasi seluruh panitia pelaksana serta pihak terkait yang telah ikut berkontribusi dalam menyukseskan pelaksanaan pameran kompetisi pelayanan publik keempat ini.
Dia mengungkapkan, kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang untuk menunjukkan inovasi pelayanan publik yang terbaik, namun juga menjadi sarana bertukar informasi bagi pelaksana pelayanan publik untuk menciptakan ataupun melaksanakan pelayanan publik yang lebih baik ke depan.
“Dengan sistim pelayanan publik yang efektif, efisien dan prima akan memberikan kontribusi positif bagi proses tumbuh kembang daerah.”tegasnya sambil berharap
Instansi di Provinsi Sulut mampu melahirkan inovasi yang nantinya dapat mendukung kualitas pelayanan publik didaerah kearah yang semakin baik, bahkan bisa ikut pada ajang kompetisi inovasi pelayanan publik yang dilaksanakan oleh Kemenpan RB.
Sementara itu,Karo Umum Setdaprov Sulut Clay June H. Dondokambey, SSTP, MAP kepada media ini mengatakan, bahwa Kemenangan dalam kegiatan bukanlah prioritas utama, namun yang paling utama adalah Pelayanan administrasi yang prima.”Adapun prestasi yang diperoleh saat ini patutlah disyukuri dan menjadi motivasi bagi tim kerja agar lebih giat bekerja memberikan pelayanan terbaik bagi jalannya roda administrasi pemerintahan.”tandas Clay sembari mengingatkan hal ini juga sebagai tanda “awas” dan kontrol sosial untuk meminimalisir deviasi dan menghindari kesalahan.
Secara terpisah, Kepala Ombudsman RI perwakilan Provinsi Sulut Hilda Tirayoh kepada media ini via pesan berbasis data mengatakan, bahwa pelaksanaan pameran itu sangat baik karena dengan adanya inovasi dalam pelayanan publik langsung dirasakan masyarakat.”Saya berharap agar jajaran Pemerintah Provinsi Sulut terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan publik menjadi lebih baik dan dirasakan langsung oleh masyarakat sesuai ketentuan yang tertuang dalam UU nomor 25 thn 2009.”tandas Hilda.
Adapun plakat, piagam penghargaan bagi para pemenang pemenang kompetisi inovasi pelayanan publik perangkat daerah di lingkup Pemprov Sulut serta juara di tingkat kabupaten/kota diserahkan oleh
Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra Edison Humiang didampingi Kepala Biro Organisasi Glady Kawatu dan Kepala Ombudsmen RI Perwakilan Sulut Helda Tirajoh.(nando)