Example floating
Example floating
Berita UtamaTomohon

Pertama di Indonesia, Lobi Wali Kota Tomohon dengan Jepang Hasilkan Ini…..

×

Pertama di Indonesia, Lobi Wali Kota Tomohon dengan Jepang Hasilkan Ini…..

Sebarkan artikel ini

TOMOHON, MANADONEWS – Wali Kota Tomohon Jimmy Feide Eman, SE.Ak, CA bertatap muka langsung dengan Permerintah Kota Minamiboso Jepang, Kamis (18/7) di Highland Resort Tomohon.

Pertama di Indonesia Michi no Eki akan ada di Kota Tomohon. Michi no Eki merupakan kawasan semacam rest area tetapi lebih mirip PLAZA UMKM dilengkapi dengan gedung dengan berbagai fasilitas termasuk taman bunga dan tempat parkir.

MANTOS MANTOS

Michi no Eki, sebuah konsep rest area yang menyediakan tempat beristirahat nyaman dan layanan berkualitas lainnya bagi pengguna jalan, dengan melibatkan peran serta masyarakat lokal.

Michi no Eki merupakan suatu konsep kerjasama pemerintah dengan swasta. Di mana, masyarakat lokal dapat berperan secara independen dalam pengelolaannya. Khususnya di daerah pinggiran dan perdesaan yang dilalui jalan raya.

Peran masyarakat antara lain dalam penyediaan layanan seperti restoran, stand yang menjual produk-produk lokal seperti produk pertanian, makanan tradisional, barang-barang kerajinan, barang kebutuhan pengendara selama dalam perjalanan dan lain-lain.

Hal ini berarti, Michi no Eki akan memberikan pengendara suatu pengalaman unik dan berciri khas lokal selama beristirahat. Sementara di sisi lain masyarakat lokal mendapatkan keuntungan komersial melalui penjualan produk.

Michi no Eki menuntut keterlibatan dan peran serta aktif dari masyarakat setempat. Sehingga diharapkan tujuan pemberdayaan masyarakat lokal dan penciptaan lapangan kerja baru dapat terwujud. Michi no Eki bertujuan untuk memberikan kontribusi terhadap keselamatan dan kenyamanan di jalan.

Dilengkapi dengan media untuk mempromosikan produk-produk dan aktivitas lokal. Prinsip-prinsip dari Michi no Eki adalah menyediakan fasilitas untuk beristirahat (refresh), komunitas (community), dan pelayanan informasi (information).

Dalam pertemuan Wali Kota Tomohon Jimmy Eman dan Pemerintah Kota Minamiboso, membahas Konten apa yang nantinya akan diisi. Serta dalam waktu dekat menganalisa produk Kota Tomohon. Apa yang bisa di pasarkan dan tentunya punya dampak positif bagi perekonomian masyarakat Kota Tomohon.

Wali kota berupaya membangun Michi no Eki dengan mempertahankan budaya lokal di Kota Tomohon. “Saling bertukar teknologi untuk nantinya dijadikan konten dalam Michi no Eki,” kata Wali Kota Eman. Wali kota menjelaskan, kedepan pihaknya akan membahas lebih rinci hal-hal teknis tentang pembangunan Michi no Eki. “Perwakilan Pemerintah Kota Minamiboso akan datang kembali November mendatang. Peresmian Michi no Eki direncankan akan dirangkaikan dengan event TIFF 2020,” kata Eman.

“Yang memprakarsai adalah dari JICA atau Japan International Cooperation Agency dengan mengadopsi Michi no Eki di Kota Minamiboso Jepang,” tukasnya.

Turut hadir dalam dialog, dari Pemerintah Kota Minamiboso Mr. Keiji Ono (Kabag Pariwisata Promosi), Mr Fumio Kato selaku Manager Biwa Club, beserta rombongan. Tampak pula dari Pemerintah Kota Tomohon, Staff Ahli Walikota Ir Vonny Pontoh, MBA, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Tomohon Steven Waworuntu, SSTP dan Kepala Dinas Perkim Ir. Enos Pontororing. (Youngky)

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *