Berita UtamaKesehatanSulawesi Utara

Peringati World Brain Day, RSUP Kandou Gelar Penyuluhan Migrain

SULUT,Manadonews.co.id-.Memperingati Hari Otak Sedunia (World Brain Day) yang jatuh setiap tanggal 22 Juli, Instalasi Promosi Kesehatan RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado melaksanakan penyuluhan kesehatan di RSUP Kandou Manado belum lama ini.

Tema yang diangkat pada tahun 2019, yakni tentang Nyeri Kepala terutama Migren.

Penyuluhan langsung dilakukan oleh Ketua Divisi Nyeri Kepala Bagian Neurologi Fakultas Kedokteran Unsrat/RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou, dr. Theresia Runtuwene, Sp.S(K).

Dikutip dari Hello Sehat, Migrain adalah sakit kepala yang timbul karena adanya perubahan aktivitas pada otak. Perubahan ini menyebabkan timbulnya rasa sakit di kepala dengan sensasi berdenyut yang teramat sangat menyakitkan.

Sering kali migrain juga diikuti dengan meningkatnya sensitivitas tubuh terhadap cahaya, suara, dan bau. Rasa sakit yang dapat bertahan beberapa jam hingga berhari-hari. Beberapa gejala lain seperti rasa mual, muntah-muntah, rasa nyeri di belakang satu mata atau telinga, hilangnya kemampuan penglihatan sementara, serta hanya terjadi pada satu sisi dari kepala.

Migrain memang sering terjadi di satu sisi kepala. Walaupun begitu, kondisi ini tergolong sebagai gangguan neurologis turunan akibat ketahanan yang lebih rendah terhadap rangsangan penyebab migrain.

Sedangkan untuk mengatasi migrain antara lain, minum kopi, menikmati makanan atau minuman yang mengandung kafein, pijat pelipis, cium aroma minyak gosok, biarkan kepala dingin dan tubuh hangat.

Menurut dr.Theresia bahwa penyuluhan tentang migrain ini penting untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat.

“Harus ada pemahaman terkait migrain agar masyarakat bisa mengenali gejala dan cara penanggulangannya,” ujarnya.

Penyuluhan tersebut diikuti oleh para pasien dan keluarga pasien yang sedang menerima pelayanan di apotik rawat jalan.

Tidak saja banyak pertanyaan yang diajukan, tapi juga berbagi pengalaman diberikan oleh para peserta.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Kepala Instalasi Promosi Kesehatan RSUP Kandou, dr. Neni Eka Wardhani dan Kepala Instalasi Rawat Jalan, dr. Henny Liwe.
(Stvn)

Exit mobile version