PDIP Siapkan Pimpinan DPRD se-Sulut, Ini Nama-namanya

MANADO, MANADONEWS – PDI Perjuangan menggodok kursi pimpinan DPRD di 15 kabupaten/kota se-Sulawesi Utara. Sejumlah kader disiapkan.

Partai berlambang banteng moncong putih itu sudah mengusulkan nama-nama yang akan menduduki kursi pimpinan DPRD. Diketahui, ada 11 daerah di mana partai besutan Megawati Soekarnoputri menjadi ‘jawara’ pada Pileg 2019 lalu.

Di Bitung, Sekretaris DPC Aldo Ratungalo hampir pasti menjadi Ketua DPRD. Dia menjadi calon tunggal yang diusulkan DPC. Sementara di Minut, ada nama Ketua DPC Denny Lolong. Menyusul, Aaltje Dondokambey di Manado, Jakop Mangole di Talaud, Djon Janis di Sitaro, Meidy Makalalag di Kotamobagu, Arifin Olii di Bolsel, dan Franky Cendea di Bolmut.

Tiga daerah lainnya seperti Minahasa, Bolmong dan Mitra mencuat dua nama. DPC PDI Perjuangan Minahasa mengusulkan James Rawung dan Glady Kandouw. Di Mitra menguat Marthy Oley dan Sem Montolalu, sementara di Bolmong ada nama Welty Komaling dan Mas’ud Lauma.

Tak ketinggalan juga nama-nama yang akan mengisi kursi wakil DPRD di Tomohon, Minsel, Sangihe dan Boltim. Di Minsel, nama Steven Lumowa menjadi yang terdepan, sama halnya dengan Meidi Lensun di Boltim. Duet Ferdy Sondakh-Denny Roy Tampi bakal bersaing di Sangihe, begitu juga dengan trio Caroll Senduk, Noldie Lengkong dan John Runtuwene di Tomohon.

Baca Juga:  Tim Paniki Polresta Manado Ciduk Pemukul Istri Sendiri

“Tadi ada rapat di kediaman Ketua DPD PDIP Sulut Olly Dondokambey di Desa Kolongan, Kabupaten Minahasa Utara (Minut),” ujar sumber internal PDI Perjuangan Sulut, kepada Manadonews, Kamis (1/8).

Dikatakan sumber, rapat diikuti strukutur ketua, sekretaris dan bendahara DPC se-Sulut. Selain membicarakan persiapan Kongres ke-5, rapat tersebut juga membicarakan pengusulan pimpinan DPRD. “Nama-nama di atas diusulkan jadi pimpinan DPRD,” ujar sumber.

Disebutkan sumber, setiap DPC mengirim minimal satu, maksimal tiga nama calon pimpinan DPRD. Selanjutnya DPD merekomendasikan ke DPP dan DPP menurunkan satu nama sekaligus SK. Meski begitu, nama-nama calon pimpinan DPRD yang direkomendasikan DPD harus memenuhi kriteria DPP. “Begitu mekanismenya bro,” beber sumber.

Namun, lanjut sumber, calon tunggal tidak serta-merta langsung ditunjuk DPP. Para calon pimpinan DPRD akan mengikuti tahapan psikotes oleh DPP. “Tentunya ada kriteria dari DPP. Data base kader terekam di DPP. DPP akan melihat rekam jejak kader mulai dari loyalitas, pengabdian hingga integritas calon pimpinan DPRD,” tukasnya. (Youngky)

Baca Juga:  Meski Baru Memulai Usaha Kuliner, Peminat Ayam Crispy Gita Terus Meningkat

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
9 votes

This will close in 10 seconds