Puskesmas Kotobangon Segera di Tempati

KOTAMOBAGU, MANADONEWS – Pembangunan Puskesmas yang terletak di Kelurahan Kotobangon, Kecamatan Kotamobagu Timur telah rampung.

Hal tersebut dikatakan Plt Kadis Kesehatan, Ahmad Yani Umar, bahwa pembangunan yang dikerjakan sejak Agustus 2018 mengunakan anggaran yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 6,9 miliar tersebut diperuntukan untuk pembangunan gedung Puskesmas dan tiga unit rumah dinas.

“Diketahui dalam waktu dekat akan segera ditempati. Tidak hanya membanguna bangunan Puskesmas yang baru serta mudah dijangkau, namun Pemerintah Kotamobagu juga menyiapkan Alat Kesehatan (Alkes) dengan total anggaran sebesar Rp 10 miliar,” ungkap Yani.

Menurutnya, pihaknya merencanakan pemindahan fasilitas Puskesmas bulan Agustus mendatang.

“Kita rencanakan mulai bulan Agustus, secara bertahap Alkes yang ada di Puskesmas lama sudah di pindahkan. Begitu juga dengan pelayanan, secara bertahap juga sudah mulai jalan di Puskesmas yang baru. Tempatnya masih sama di Kelurahan Kotobangon tapi letaknya yang berbeda, digedung yang baru dekat jalan, serta mudah diakses warga, dan ada juga jalur evakuasi,” ujarnya.

Baca Juga:  Jabat Plt Kadis Dinkes, Papuling Angkat Tema Sidak

Selain itu, rencananya Instansi akan segera melakukan akreditasi terhadap Puskesmas Kotobangon.

”Kalau tidak salah, sekitar September atau Oktober itu ada akreditasi Puskesmas. Nah, kita akan mengikut sertakan Puskesmas Kotobangon ini dalam akreditasi nantinya, sehingga sudah bisa melayani untuk Rawat Inap, sebab bangunan dan Alkes yang disiapkan khusus untuk Puskesmas Rawat Inap sudah tersedia,” bebernya.

Sembari menambahkan, bila akreditasi sukses. Kotamobagu akan memilik tiga Puskesmas Rawat Inap.

”Saat inikan baru ada dua Puskesmas Rawat Inap, Motoboi Kecil dan Gogagoman. Nantinya akreditasi untuk Puskesmas Kotobangon berhasil, Kotamobagu punya tiga Puskesmas Rawat Inap,” sambunganya.

Diiketahui untuk wilayah Kotamobagu, Pemerintah Kota Kotamobagu memilik 5 layanan kesehatan di 4 Kecamatan, diantaranya Puskesmas Motoboi Kecil status Rawat Inap, kecamatan Kotamobagu Selatan, Puskesmas Gogagogam Status Rawat Inap, kecamatan Kotamobagu Barat, Puskesmas Kotobangon Status Rawat Jalan, Kecamatan Kotamobagu Timur, Puskesmas Upay Status Rawat Jalan, Kecamatan KOTAMOBAGU Utara, dan Puskesmas PONED atau Pelayanan Obstetri Neonatus Essensial Dasar di Desa Bilalang Satu.

Baca Juga:  Dinkes dan PMI kerja sama tekan Angka kematian Ibu dan Anak

(MLS)

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
524 votes

This will close in 10 seconds