RSUP Kandou Launching Aplikasi Program Pelayanan Kesehatan E-Lativ

SULUT,Manadonews.co.id-.Plh Direktur Utama RSUP Kandou Manado dr.Celestinus Eigya Munthe,SpKJ.M.Kes melakukan Launching Proyek Perubahan yang berjudul “Pelayanan Pasien Eksekutif (E-LATIV) di Rumah-Ku, Kamis (1/8/2019).

Pada saat launching, Plh Dirut RSUP Kandou didampingi Direktur SDM dan Pendidikan Dr.dr.Ivonne Elisabeth Rotty,M.Kes serta Direktur Keuangan dan Administrasi Umum Dewi Anggraian, SE.MM.

Terobosan yang dilakukan oleh RSUP Kandou ini guna untuk Optimalisasi Produktifitas Pelayanan Eksekutif di RSUP Prof Kandou Manado berbasiskan Aplikasi Android dalam Era Revolusi Industri 4.0.

dr. Munthe dalam sambutannya mengatakan, bahwa hadirnya aplikasi E-LATIV ini RSUP Kandou Manado sudah mengikuti perubahan zaman dan sudah memenuhi kebutuhan yang ada ditengah masyarakat.

Lanjut Munthe, RSUP Kandou dalam hal ini mencoba meningkatkan performanya. Dimana, dalam tiga tahun terakhir ini pihaknya mengupayakan perbaikan di RSUP Kandou.

“Kita berusaha memenuhi standar-standar agar rumah sakit Kandou mempunyai kompetensi yang lebih baik dan memberikan pelayanan yang lebih baik dan semakin baik,” ujarnya.

Ditambahkan, pada tahun 2018 Rumah Sakit Kandou telah terakreditasi Internasional oleh Joint Commision International (JCI). Hal ini tentunya RSUP Kandou ingin memberikan pelayanan yang lebih baik dan semakin baik lagi.

Baca Juga:  Sekjen Kemenkes-RI Akui Banyak Perkembangan Positif di RSUP Kandou

“Oleh karena itu kita tidak hanya puas dengan JCI, tetapi kita terus berusaha dan pada bulan Juli 2019 kembali lagi kami meminta untuk dilakukan penilaian oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit Nasional (KARS), yakni milik Indonesia standar Internasionalnya,” jelasnya.

Menurut Munthe, ini sangat berat, karena standar untuk mencapai Akreditasi SNARS Edisi 1 Internasional harus mencapai nilai terendahnya 95 untuk semua standar. Dan sampai saat ini kami masih menunggu hasil penilaian yang sudah dilakukan selama lima hari, mulai 08 – 12 Juli 2019 oleh KARS.

Dikatakan pula pihaknya selalu berusaha meningkatkan pelayanan dalam bentuk peningkatan standar dan kompetensi, berusaha juga memberikan suatu bukti kepada masyarakat, suatu bentuk pelayanan yang ramah, pelayanan yang mudah, pelayanan yang berkualitas yang dapat langsung dirasakan oleh masyarakat.

Karena itu pihaknya meluncurkan suatu bentuk program pelayanan yang sebut sebagai pelayanan pasien eksekutif dengan judul E-LATIV di Rumah – ku.

“Artinya sekarang kita telah mempunyai kecenderungan seluruh masyarakat menggunakan tehnologi digital,” tuturnya.

Baca Juga:  Jokowi 'Sentil' Eksekutif-Legislatif, Begini Reaksi Peserta Paripurna DPRD Tomohon

Presiden Republik Indonesia juga mendorong kita untuk melakukan program pelayanan secara digital atau Digital Melayani (DILAN) secara nasional, dan RSUP Kandou membuatnya dalam program E-LATIV (E = Elektronik LATIV = Pelayanan Eksekutif) dirumah-ku.

“Artinya rumah sakit yang tadinya mempunyai jarak dengan masyarakat, sekarang akan kita geser, agar pelayanan dirumah sakit itu sampai dirumah masyarakat,” ungkapnya.

Jadi masyarakat tidak perlu lagi sulit untuk datang mendapatkan akses pelayanan ke rumah sakit. Justru rumah sakit yang datang ke masyarakat dan memberikan pelayanan dengan cara yang sangat mudah untuk diakses.

“Hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat. Jadi, dengan hadirnya para stakeholder dalam acara launching ini serta para staf RSUP Kandou dapat mendengar dan mengetahui apa yang dimaksud dengan aplikasi E-LATIV ini,” pungkasnya.

Dalam acara launching ini juga dilakukan Talk Show antara Direksi dengan semua stake holder serta para pegawai RSUP Kandou yang hadir. Serta juga ada sesi tanya jawab seputar aplikasi berbasis android yang baru saja diluncurkan tersebut, dan mungkin ini yang pertama kali di Indonesia.

Baca Juga:  Jelang Natal dan Tahun Baru 2019 Satpol-PP Kotamobagu Lakukan Giat Patroli

Hal ini pun ditanggapi positif oleh para stakeholder guna untuk memenuhi kebutuan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Manado khususnya, serta Masyarakat Sulawesi Utara Umumnya bahkan mungkin di Indonesia.

Diketahui, kegiatan ini turut dihadiri oleh Pemerintah Kota Manado, para Pejabat struktural, para Pimpinan Perbankan Cabang Manado.
(Stvn)

Tags: