Billy Yohanes : WASI Berperan Ikut Menjaga Ekosistem Laut

SULUT,Manadonews.co.id-.Pentingnya masyarakat Sulawesi Utara, khususnya warga Kota Manado dalam menjaga kelestarian ekosistem laut, sangat perlu ditanamkan.

Hal ini sejalan dengan komitmen untuk melestarikan lingkungan, pemerintah mendukung upaya WASI (Wanita Selam Indonesia) untuk mengampanyekan edukasi mengenai pentingnya menjaga pelestarian biota bawah laut Indonesia.

WASI yang merupakan organisasi di bawah naungan organisasi Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) memiliki agenda besar pada 3 Agustus mendatang di Manado, Sulawesi Utara.

Dengan agenda yakni pemecahan tiga rekor dunia yaitu penyelaman massal yang diikuti kurang lebih 3000 penyelam, rantai manusia terpanjang di bawah air dan pembentangan bendera terbesar di bawah air.

Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 74 dan sebagai upaya ikut mempromosikan banyak hal yang berkaitan dengan laut seperti pariwisata, lingkungan hidup, kelestarian alam dan olahraga selam di Sulawesi Utara.

Menurut mantan Ketua POSSI Sulut 2006-2011 dan Granat Sulut, Pdt Billy Yohanes, WASI berupaya untuk terus meningkatkan kesadaran pentingnya laut bagi kehidupan.

Baca Juga:  Serahkan Bantuan di Wilayah Pesisir, Bupati Minahasa Dampingi Gubernur Sulut

“Kegiatan pemecahan record yang dilakukan WASI sangatlah berperan aktif dalam mendukung dan mengembangkan program-program pelestarian laut,” ujarnya.

Lebih lanjut Yohanes mengatakan WASI juga selalu berusaha untuk melibatkan masyarakat di berbagai kegiatan yang dilakukan sehingga kesadaran mereka untuk menjaga kebersihan dan keindahan laut akan semakin meningkat.

“Pantai dan laut yang bersih tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat sekitar pantai untuk menjaga kebersihan tapi juga membantu pengembangan potensi wisata bahari Indonesia,” jelasnya.

Sebagai pemerhati pelestarian laut,  ia menilai WASI yang di ketuai Tri Tito Karnavian sejalan mendukung kegiatan upaya pemecahan rekor dunia selam Guinness World Records Official Attempt, dengan harapan kegiatan ini dapat memberikan manfaat luas kepada masyarakat sekitar.

Ia juga mengusulkan kepada presiden Joko Widodo agar Tri Tito Karnavian bisa menjadi Menteri Kelautan atau Menteri Lingkungan Hidup.

“Ada baiknya Tri Tito Karnavian jadi Menteri Kelautan atau Menteri Lingkungan Hidup,” pungkas Yohanes.
(Ben)

Tags:

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
1143 votes

This will close in 10 seconds