Ini Perusahaan Semen yang Siap Saingi Pt Conch di BMR

SULUT,Manadonews.co.id-.Pt Conch North Sulawesi Cement yang notabenenya sebagai perusahaan yang memproduksi semen kedepannya tampak tak akan sendirian. Sebab, segera muncul perusahaan lain yang nantinya menjadi pesaing terberat.

Jika Pt Conch berasal dari negara “Tirai Bambu” China, kali ini perusahaan pesaing tersebut berasal dari pengusaha lokal Sulawesi Utara, yakni PT Membangun Sulut Hebat (MSH) dan PT Dharma Sarana Semen Nusantara (DSSN).

Kedua perusahaan tersebut akan membangun perusahaan semen di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim).

Dalam rangka rencana kerja sama investasi tersebut, kedua perusahaan ini telah melakukan penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU), di lantai 2 Hotel Grandpuri Manado, Kamis (1/8/2019).

Adapun berita acara nota kesepakatan ini di tanda tangani langsung oleh Direktur Utama PT MSH  Jefferson.R.Lungkang dan Direktur PT DSSN Joune Ganda SE yang turut disaksikan oleh komisaris dan jajaran Direksi kedua pihak perusahaan.

Direktur PT DSSN Joune Ganda kepada wartawan usai penandatanganan MoU ini menegaskan bahwa rencana kerja sama ini telah digagas beberapa waktu lalu melalui pertemuan kedua belah pihak serta melakukan berbagai kajian dan penelitian yang intensif.

Baca Juga:  Waw..! Wabup Sangihe Spontan Pimpin Penggalangan Dana Gereja Katolik Kahakitang

“Rencana lokasi pendirian pabrik semen telah melalui perhintungan dan kajian teknis serta mendapat restu dari pemerintah Provinsi dan Kabupaten serta masyarakat sekitar lokasi rencana pendirian pabrik,” kata Joune. 

Joune menambahkan, rencana dan implementasi rencana kerjasama investasi dengan PT MSH merupakan tindak lanjut dari kebijakan dan harapan Presiden RI Joko Widodo bagi para pengusaha yakni agar dalam setiap melebarkan bisnis dipusat maupun didaerah diminta untuk bekerjasama atau melibatkan pihak BUMN atau BUMD dalam bentuk kerjasama saling menguntungkan.

“PT MSH adalah BUMD milik Pemprov Sulut, jadi kerjasama ini sejalan dengan harapan Presiden RI dan Gubernur Sulut dalam rangka percepatan pembangunan khususnya dalam sektor industri.

Untuk itu kata Joune, usai penandatanganan ini akan segera ditindaklanjuti dengan mendirikan perusahaan bersama guna proses-proses administrasi perizinan serta kelengkapan dokumen lainnya.

“Investasi pabrik semen adalah investasi integreted yakni satu rangkaian operasional bisnis yang terkait satu dengan yang lain.

Industri pabrik semen butuh pelabuhan tersendiri, pembangkit sendiri serta sarana pendukung strategis lainnya,” kata Owner Raewaya Group ini.

Baca Juga:  Berlangsung Lancar, 120 Warga Lotta Terima Penyaluran BLT

“Jika investasi ini terwujud maka akan menjadi salah satu pabrik semen terbesar di kawasan timur Indonesia,” pungy.

Sementara itu, Dirut PT MSH Jefferson R.Lungkang mengatakan gagasan kerjasama ini telah dirintis sejak lama, dimana bersama PT DSSN sebagai perusahaan bergerak dalam bidang Industri akan menggandeng investor untuk pendirian pabrik semen di Kabupaten Boltim yang sangat potensi dengan bahan baku pembuatan semen.

“Selaku perusahaan daerah sangat menyambut positif dan bangga atas kerjasama dengan pihak PT DSSN yang merupakan salah satu grup bisnis yang berkompeten di bidangnya,” ujar mantan Direktur Kepatuhan Bank SulutGo itu sambil menegaskan gagasan kerjasama ini mendapat support dari Gubenur Sulut Olly Dondokambey,SE.
(Stvn)

Tags:

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
153 votes

This will close in 10 seconds