Akbar Ajak Pemuda Kotamobagu Untuk Bertani

MANADONEWS, KOTAMOBAGU – Pemuda asal Kelurahan Motoboi Kecil, Kecamatan Kotamobagu Selatan mampu mengembangkan lahan seluas 1 hektare yang ditanami tanaman tahunan jenis Kakao (Coklat).

Pemuda bernama Akbar Damopolii yang menjadi petani muda tersebut mulai mengembangkan tanaman ini sejak ia duduk di bangku SMA.

“Sebenarnya dari SMP sudah mengenal tanaman ini, karena dibelakang rumah banyak pohonnya. Setelah saya SMA sekira 7 tahun lalu, baru mulai saya geluti cara pengembangannya lewat belajar dari para petani kakao,”kata Akbar, Kamis (8/8/2019).

Ia juga menjelaskan, hanya bermodal lahan satu hektar miliknya mampu menghasilkan 200 Kg dalam sekali panen dari 700 pohon yang ditanaminya.

“Itu belum maksimal, pasalnya belum umur priduksi normal. Target saya kedepan panen bisa mencapai ton dengan jenjang umur tanaman dan didukung perawatan yang maksimal,”jelasnya.

Ia menerangkan, tanaman kakao yang ia tanam adalah Mcc02 dan Sulawesi 2.

“Jenis tanaman sambung ini banyak diminati petani karena kestabilan produksi bibit, serta cocok dengan iklim disini,” terang dia.

Baca Juga:  Mor Tinjau Pelaksanaan Ujian Nasional Setingkat Sekolah Dasar

Dengan pengalamannya tersebut, Akbar mengajak kaum muda di wilayah Kota Kotamobagu agar mari salurkan potensi kita dengan bertani selagi memiliki waktu luang.

(MLS)

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
9 votes

This will close in 10 seconds