Lembaga Adat Kotobangon Ikut Pelatihan

MANADONEWS, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kelurahan Kotobangon, Kecamatan Kotamobagu Timur, Kota Kotamobagu telah menggelar pelatihan dan pembinaan keseluruh lembaga adat kotobangon.

Menurut Lurah Kotobangon Kori Manoppo, pelatihan ini penting. Karena, Kelurahan kotobangon  sendiri sangat menjunjung tinggi kearifan lokal Daerah Bolaang Mongondow termasuk o’adatan yang saat ini masih terpelihara hingga ke sendi sedi kehidupan soasial masyarakat.

“Pelatihan ini perlu, agar masyarakat betul betul memahami tentang ¬†adat,”ujar Kori, Kamis (15/8/2019).

Ia juga menambahkan, selain diberikan pelatihan pihaknya juga ingin melihat kesiapan kader-kader muda yang ada di kotobangon.

“Dikegiatan ini juga kita melakukan pengkaderan untuk para generasi muda sebagai tongkat estapet dimasa yang akan datang,”terangnya.

Sementara itu, ketua lembaga adat Kelurahan Kotobangon Hamli Djaman mengatakan, inti kegiatan hari ini lebih fokus pada proses pelaksanaan adat pernikahan.

“Kami fokus pada pelaksanaan adat pernikahan karena ini penting, mulai dari tahapan peminangan, akad nikah, dan mogama,”pungkasnya.

Diketahui pemateri pada pelatihan ada ini, bapak Hairun Mokoginta, selaku tokoh  Adat  bolaang Mongondow,  dan diikuti Tokoh masyarakat, TP PKK serta generasi muda.

Baca Juga:  Sejumlah Legislator Soroti Proyek Rehab Gedung DPRD Manado

(MLS)