Penambahan Luas Wilayah Pemkot Kotamobagu Tunggu Keputusan Mendagri

MANADONEWS, KOTAMOBAGU- Berkas kelengkapan administrasi ketambahan luas wilayah Kota Kotamobagu sudah masuk ke Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

Kepala Bagian Tata Pemerintahan, Marham Anas Tungkagi, mengatakan, berkas hasil perampungan ketambahan luas wilayah bersama dengan Badan Informasi Geospasial (BIG) dengan ketambahan 40 Kilo Meter persegi saat ini sudah berada di Kemendagri.

”Total luas wilayah Kota Kotamobagu saat ini bertambah menjadi 108 Kilo Meter Persegi dengan ketambahan luas 40 Kilo Meter yang sebelumnya hanya 68 Kilo Meter dan saat ini sudah masuk ke Kemendagri,” ujarnya.

Menurut Anas, Pemkot Kotamobagu, saat ini tinggal menunggu jadwal penetapan dari Kemendagri atas berkas yang sudah diusulkan terkait ketambahan luas wilayah Kota Kotamobagu,

”Kita tinggal menunggu jadwal proses penetapan dari kemendagri atas luas wilayah. Apalagi ini juga untuk kepentingan kenaikan anggaran Dana Alalokasi Umum (DAU),” ujar Anas.

Dari data yang ada ketambahan luas wilayah Kotamobagu, ada di semua wilayah Kecamatan Kota Kotamobagu, dengan ketambahan untuk Kecamatan Kotamobagu Timur seluas 10 Km, Kotamobagu Selatan 5 Km dan Kotamobagu Utara 5 Km dengan ketambahan terbesar di wilayah Kecamatan Kotamobagu Barat dengan ketambahan luas 20 Km.

Baca Juga:  Berikut Empat Sekolah di Kotamobagu Yang Terima Penghargaan

(MLS)