Ramperda APBD-P Disetujui Seluruh Fraksi, Ini Tanggapan Wali Kota Tomohon

TOMOHON, MANADONEWS – Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman memberikan tanggapan dan jawaban dalam Rapat Paripurna DPRD Tomohon, Selasa (20/8).

“Memperhatikan pemandangan umum yang telah disampaikan masing-masing fraksi, kita pahami bersama hal tersebut merupakan bagian dari perwujudan nilai-nilai demokrasi untuk mendapatkan masukan konstruktif. Demi memperoleh hasil yang optimal pada pembahasan Ranperda ini,” ungkap wali kota.

“Untuk itu, atas nama pihak eksekutif kami sangat menghargai atensi dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Tomohon dalam rangka Pemandangan Umum masing-masing Fraksi terhadap Ranperda yang telah kami ajukan,” katanya.

Bagi dia, berbagai usulan, catatan maupun masukan strategis telah disampaikan, di mana hal tersebut merupakan wujud tanggung jawab konstitusional yang dilandasi niat baik dan semangat kebersamaan untuk mendorong peningkatan kinerja eksekutif di seluruh sektor. “Dalam tahapan proses pembahasan selanjutnya, kami selaku pihak pemerintah akan memberikan perhatian atas segala masukan, tanggapan, saran bahkan kritikan membangun yang telah disampaikan dari masing-masing Fraksi DPRD. Serta memberikan ruang bagi dinamika yang akan terjadi dalam pembahasan Badan Anggaran DPRD beserta tim anggaran pemerintah daerah ke depan,” ujarnya.

Baca Juga:  KPU Tomohon Usulkan Pelantikan Anggota DPRD Terpilih

Orang nomor satu di Tomohon meminta SKPD untuk tidak banyak keluar daerah. Mereka harus berkonsentrasi untuk itu. “Saya tegaskan, seluruh perangkat daerah untuk menyiapkan dokumen perencanaan anggaran masing-masing dengan baik yang selanjutnya akan diasistensi oleh tim anggaran pemerintah daerah dan direview oleh APIP,” ucapnya.

“Terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada segenap anggota DPRD Kota Tomohon, atas segala masukan serta usulan terhadap Ranperda perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tahun anggaran 2019 Kota Tomohon,” tandasnya.

Diketahui, keempat fraksi dalam pandangan umumnya menerima dan menyetujui Ranperda Perubahan APBD T.A 2019 Kota Tomohon untuk dibahas pada tahap selanjutnya. Meski, ada beberapa catatan yang ditujukan untuk pihak Pemerintah Kota Tomohon.

Yang pertama memberikan tanggapan dari Partai Golkar. Piet Pungus langsung menyatakan menerima, Harun Lululangi dari PDIP juga menerima. Stenly Wuwung dari Partai Demokrat mempertanyakan dana yang sudah dianggarkan ke dinas sesuai tupoksi di APBD induk 2019 dihilangkan. “Kalau boleh untuk dikembalikan,” katanya. Walau begitu, mereka juga menerima. Santi Maria Runtu dari Gerindra juga menerima. Ia sempat menanyakan soal infrastruktur.

Baca Juga:  Kadis Sosial Minahasa: Bansos terkait Covid-19 Diperuntukkan bagi Non Penerima PKH dan BPNT

Paripurna dipimpin Ketua DPRD Miky J.L Wenur didampingi Wakil Ketua Caroll Senduk SH dan Youddy Moningka.

Turut hadir, Wakil Wali Kota Syerly Adelyn Sompotan, para anggota DPRD dan seluruh Kepala SKPD Pemkot Tomohon, para Camat dan Lurah se-Kota Tomohon.

(Youngky)

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
62 votes

This will close in 10 seconds