Usaha Biro Percetakan di Jalan Sam Ratulangi Sudah Berjalan Turun-Temurun

MANADO,Manadonews.co.id-.Melewati kawasan jalan Sam Ratulangi Manado, banyak dijumpai usaha biro percetakan sablon mulai dari undangan, stempel cap, kartu nama, kop surat hingga batu nisan.

Usaha ini mulai ada kurang lebih 25 tahun tahun lalu, serta omset yang didapat oleh pemilik perharinya rata-rata mulai Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta rupiah, dan mampu menghidupi keluarga.

Bacaan Lainnya

Dalam menjalankan usaha biasanya para pemilik usaha ini belajar secara otodidak dari teman hingga mahir kemudian membuka usaha sendiri.

Untuk berbagai jenis usaha biro percetakan ini memiliki tarif bervariasi mulai dari undangan 5 ribu hingga 20 ribu rupiah, tempel cap mulai 50 ribu sampe 100 ribu. Sementara batu nisan mulai 500 ribu sampe 10 juta harganya cukup mahal karena terbuat dari batu marmer hitam dan putih.

Dalam mengerjakan pesan biasanya mengumpul bahan lebih dulu baru kerja.

Menurut Lucky Pondaag salah satu pemilik usaha biro percetakan di Jalan Sam Ratulangi, awalnya Ia memulai usaha ini sejak tahun 2003 dengan menempati ruangan kecil.

Baca Juga:  Olly Sebut 4 SKPD Penerima Alokasi Anggaran Tertinggi

Namun usaha berkembang hingga ditempat usaha yang sekarang omzetnya bisa 500 hingga 1 juta rupiah perhari.

“Awal membuka usaha ini mulai tahun 2003 menempati ruangan kecil, lama-kelaman berkembang dan menempati tempat usaha yang sekarang,” ujarnya.

“Untuk omzet perhari bisa mencapai 500 hingga 1 juta rupiah perhari,” tambahnya.

Meski banyak usaha percetakan  ditempat ini, nama kwalitas serta keramahan pemilik juga menjadi pertimbangan pelangan terus datang ketempat ini.

“Disini banyak usaha serupa namun kami sebagai pelanggan tentunya kwalitas serta keramahan pemilik juga menjadi pertimbangan  dalam memilih  dan memesan di
tempat ini,” ujar Meyke salah satu pelanggan.

Agar tidak terkesan asal jadi untuk beberapa item seperti kartu undangan dan batu nisan, tentunya  tidak di pesan secara mendadak karena membutuhkan proses pengerjaan selama beberapa hari.(Ben)

Pos terkait